blank
Natal bersama di Pendapa Kabupaten Wonogiri, dimeriahkan aneka hiburan seni musik dan tari serta paduan suara yang mendendangkan aneka nyanyian gerejawi.(Dok. Prokopim Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Umat Kristiani, Rabu sore (28/12), mengikuti perayaan Natal bersama di pendapa Kabupaten Wonogiri. Perayaan bersama kelahiran Yesus Kristus Sang Penebus Dosa ini, mengusung tema ”Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain.”

Ikut hadir Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno bersama jajaran Forkopimda, para tokoh agama dari Forum Kerukunan Antar Umat Bergama (FKUB) Wonogiri.

Ketua Panitia Perayaan Natal bersama FX Pranata yang juga Asisten Sekda Wonogiri, mengatakan, Natal kali ini menjawab kerinduan umat Kristiani setelah dua tahun tidak melangsungkan perayaan karena Pandemi Covid 19.

Terkait tema yang diusung, FX Pranata, mengatakan, perayaan Natal dijadikan sebagai momentum untuk tidak lagi menjalani cara hidup lama, namun dengan cara yang baru dan jalan baru secara inovatif dengan semangat go nyawiji.

Bupati Wonogiri yang diwakili Wabup Setyo Sukarno, mengingatkan tentang pesan damai dan kerukunan antarumat beragama. ”Pesan damai dan kerukunan antarumat beragama digemakan, karena kita semua menyadari bahwa negara ini dibangun di atas perbedaan dan keberagamaan,” tandas Wabup.

Semangat toleransi antarumat beragama perlu terus ditanamkan, karena perjalanan sebagai bangsa dalam keberagaman penuh dengan tantangan. Juga ditegaskan pentingnya menjunjung tinggi kebersamaan dalam ke-Bhineka-an.

Pengikat Persatuan

Sebagai anak bangsa, tandas Wabup Setyo Sukarno, mari bersama terus belajar dalam memaknai semboyan negara, Bhineka Tunggal Ika, yang menjadi pengikat persatuan dan kesatuan di tengah kemajemukan suku, bangsa, adat, budaya dan agama.

Kepada seluruh umat Kristiani di Kabupaten Wonogiri dipesankan, agar menjadikan semangat Natal sebagai pijakan bijaksana dalam menyongsong hari esok dengan penuh kebahagiaan.

Monica dari Prokopim Pemkab Wonogiri, mengabarkan, prosesi perayaan Natal bersama, ditandai penyalaan lilin yang dimaknai sebagai kedatangan Kristus sebagai cahaya pengharapan.

Bersamaan itu, juga diserahkan bantuan sosial Bupati Wonogiri kepada 4 panti di Kabupaten Wonogiri. Yaitu Panti Giri Sion, Panti Aisyah, Panti Giriwiyata Darma, dan Panti Wredha Dharma Bakti.

Acara  dimeriahkan pertunjukan seni musik dan tari, dari Teachers Choir, Voca Kanita, Paduan Suara OMK, Crescendo Band, Smansari Worship Band, serta dari Sanggar Seni Ludiro Pancoko.

Bambang Pur