Kegiatan pembinaan guru MI dan Madin yang dilaksanakan di pendopo balai Desa Tegalsambi.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Untuk menjawab tantangan kekinian sekaligus tuntutan futuristik diperlukan sosok guru Moderat, Inovatif dan Inspiratif (Modis). Itulah tema kegiatan pembinaan guru MI dan Madin yang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Tegalsambi beberapa waktu yang lalu.

Peserta pembinaan guru MI dan Madin.

Dengan masalah-masalah yang sering dihadapi seperti kesulitan anak dalam menghafal, banyak anak yang sering mengantuk saat pelajaran, sulit menumbuhkembangkan kesadaran anak untuk belajar dan mencintai ilmu, Guru dituntut untuk memberikan pelajaran yang menarik serta dapat menemukan pemahaman terhadap mata pelajaran yang diampu.

Muh Muhaimim, S.Pd.I., M.Pd. sebagai narasumber menjelaskan bahwa di era milenial seperti sekarang guru-guru harus moderat, inovatif, dan inspiratif.

Moderat seperti tawasut, yaitu jalan tengah atau seimbang. Maksudnya guru modern adalah guru yang seimbang antara dunia dan akhirat. guru memiliki pemahaman Islam yang moderat dengan dua jalur, yakni: moderasi wacana dan moderasi perilaku.

Moderasi wacana menjadi strategi dalam penguatan sikap moderat mulai pemikiran dan ideologi dengan menampilkan sikap tawasuth dalam perjuangan menyebarkan Islam, terbuka terhadap ajaran, ideologi, kepercayaan, dan lain sebagainya. Sementara moderasi perilaku menjadi strategi dalam penguatan sikap moderat yang ditindaklanjuti dengan perilaku toleran terhadap pihak lain yang berbeda pandangan.

Inovatif, Inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang berbeda. contohnya dengan menggunakan buku digital atau flipbook.

Saat ini, Pemerintah desa memberikan dukungan dengan adanya pondok wisata untuk pembelajaran outdoor”, ucap Petinggi Desa Tegalsambi, Agus Santoso.

Inspiratif. Guru inspiratif adalah guru yang mampu merangsang mental muridnya dan mengembangkan kemampuan kognitif afektif serta psikomotor siswa. menurutnya cara untuk menjadi guru inspiratif adalah dengan memperhatikan murid, mendengarkan murid, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, dan menghargai usaha murid.

Di masa sekarang kehadiran sosok guru Moderat, Inovatif dan Inspiratif (MODIIS) sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Keterpaduan antara kecerdasan, keragaman inovasi dalam pembelajaran  menjadi sumber inspirasi dalam kehidupan peserta didik menjadi tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran.

ua/fitra