blank
Ilustrasi Kopi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah datangnya rasa kantuk. Dilansir dari Suara.com namun, ternyata minuman ini juga mungkin malah membuat Anda merasakan kantuk yang lebih berat. Bagaimana kopi bisa membuat seseorang mengantuk?

Dilansir dari laman Each Night, berikut alasan mengapa Anda mungkin akan mengantuk usai minum kopi.

1. Menyebabkan dehidrasi

Kopi bersifat diuretik sehingga mereka akan membantu tubuh Anda mengeluarkan air. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak buang air kecil hingga dehidrasi.

Baca Juga: Ingin Minum Kopi dari Biji Salak? Begini Cara Membuatnya

Saat tubuh kehilangan air, darah akan berjalan lebih lambat. Alhasil, oksigen yang beredar pun juga lebih sedikit.

Tanpa oksigen yang cukup, Anda akan lebih mudah lelah dan beberapa orang menunjukkannya dengan mengantuk. Anda dapat menghindari efek ini dengan membatasi konsumsi kopi tidak lebih dari 500 mg per hari.

2. Menyebabkan sugar crash

Saat minum kopi dengan tambahan gula atau creamer yang tinggi, Anda akan merasa lebih cepat kehabisan energi. Ini karena tubuh memproses gula dengan kecepatan lebih tinggi dibanding kafein.

Baca Juga: Selain Kopi, Delapan Minuman yang Cocok Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Dalam waktu 90 menit setelah minum saja, Anda bisa merasa kehabisan energi karena kadar gula Anda meningkat dengan cepat dan turun kembali.

3. Kopi memblokir reseptor adenosine

Adenosine adalah zat kimia dalam otak yang memengaruhi jam internal tubuh. Dalam keadaan normal, adenosin berikatan dengan reseptor di otak untuk memperlambat aktivitas otak sebagai persiapan istirahat.

Namun saat Anda mengonsumsi kafein, minuman itu akan memblokir kinerja adenosine dan mencegah otak menerima adenosin sehingga bahan kimia tersebut menumpuk. Saat efek kafein hilang, akumulasi adenosin akan membanjiri otak dan menyebabkan kantuk.

Baca Juga: Tiga Bahan Tambahan Sehat untuk Minum Kopi

4. Toleransi kafein tinggi

Alasan mengantuk setelah minum kopi selanjutnya adalah karena Anda memiliki toleransi kafein yang tinggi. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda minum kopi secara teratur atau berlebihan.

Tingkat toleransi pada kafein juga bisa berubah karena faktor usia, berat badan, dan obat-obatan. Supaya tidak terjebak dalam kondisi ini, batasi kafein kurang dari 500 mg per hari.

5. Bahan kimia beracun

Mikotoksin adalah bahan kimia beracun alami yang ada pada jamur pada tumbuhan biji-bijian, salah satunya kopi. Dalam dosis tinggi, keberadaan mikotoksin cukup berbahaya karena dapat menyebabkan radang paru-paru, kesulitan bernapas, hingga demam.

Untuk mengurangi risiko mikotoksin, WHO merekomendasikan untuk menggunakan komoditas kopi yang sudah dikeringkan dan disimpan dengan benar.

Claudia