blank
Ganjar (kedua dari kiri), menerima Anugerah dari KIP, yang diserahkan Menko Polhukkam, Mahfud MD, di Banten, Rabu (14/12/2022), sebagai peringkat pertama provinsi dengan keterbukaan informasi publik terbaik. Foto: hms

BANTEN (SUARABARU.ID)- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali berhasil membawa provinsi ini menjadi yang terbaik dalam keterbukaan informasi publik. Anugerah dari Komisi Informasi Pusat (KIP) itu, langsung diterima Ganjar, di Banten, Rabu (14/12/2022).

Jateng mendapat peringkat pertama provinsi dengan keterbukaan informasi publik terbaik, dan mendapatkan nilai 99,95. Disusul Provinsi Jawa Barat dengan nilai 98,85 dan Provinsi Aceh dengan nilai 98,64.

Ini menjadi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik kelima yang diraih Jateng, di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo. Penganugerahan di tahun ini, diserahkan Menko Polhukkam, Mahfud MD.

BACA JUGA: Kumham Jateng-Unimus Gelar Pertandingan Tenis Persahabatan

Pada penganugerahannya kali ini, Ganjar membeberkan rahasianya mendapatkan nilai nyaris sempurna itu. Menurutnya, karena komitmen memperbaiki diri, dan “memamerkan” informasi di luar indikator Komisi Informasi.

”Kami mencoba memberikan informasi yang tidak masuk dikriteria dan kekinian. Apa itu? Medsos,” tegasnya.

Hal itu pun sesuai dengan yang disampaikan Menko Polhukkam, Mahfud MD, dalam sambutannya. Bahwa media sosial menjadi modal badan publik untuk memulai mengelola keterbukaan informasi dengan baik.

BACA JUGA: Sekda Kendal: Bumdes Harus ada Bapak Asuhnya

”Nggak boleh ada yang ditutup-tutupi. Maka orang boleh nutupin kaya apapun, tapi kalau video sudah ditempel ke objeknya, maka semua akan jadi terbuka. Maka terbuka saja, nggak usah risih kalau kita bersih,” tutur Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu menuturkan, capaian Pemprov Jateng ini tak bisa terwujud tanpa adanya kerja keras para ASN-nya. Ganjar menyampaikan, penganugerahan ini adalah penjabaran dari komitmen itu.

”Alhamdulillah, hari ini mencapai puncaknya. Lima kali berturut-turut, menurut saya ini pertunjukan komitmen dari kawan-kawan di Pemprov Jateng, untuk membuka informasi seluas-luasnya,” tandasnya.

Sejak 2018, Ganjar membawa Jateng menjadi juara pertama dan sebagai provinsi terbaik Nasional dalam bidang keterbukaan informasi publik. Pada 2019, Jateng juga kembali mendapat predikat sebagai provinsi paling informatif. Tradisi baik sebagai provinsi informatif itu dilanjutkan pada 2020 dan 2021.

Riyan