blank
Kegiatan sosialisasi sekaligus syukuran Hari Disabilitas Internasional, yang digelar Yayasan Pejuang Disabilitas Demak Lestari bersama Sahabat Lestari, di GOR Partai Nasdem, Kabupaten Demak, berlangsung penuh kehangatan. Foto: lmc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Partisipasi penyandang disabilitas di ruang publik harus terus ditingkatkan, dalam upayanya mewujudkan pembangunan yang lebih inklusi dan berkelanjutan.

”Kami berharap, adanya peran serta para sahabat penyandang disabilitas, dalam berbagai kegiatan di tengah masyarakat, untuk dapat terus ditingkatkan. Hal ini seiring dengan tagline tujuan pembangunan berkelanjutan, No One Left Behind,” kata Anggiasari Puji Aryatie, Sabtu (3/12/2022).

Anggi yang juga merupakan Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat ini, menyampaikan hal itu dalam sosialisasi sekaligus syukuran Hari Disabilitas Internasional, yang digelar Yayasan Pejuang Disabilitas Demak Lestari bersama Sahabat Lestari, di GOR Partai Nasdem, Kabupaten Demak.

BACA JUGA: Erry Sadewo Pimpin FKPPI Jawa Tengah

Hadir pada acara ini, perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Demak, Tim Sahabat Lestari (Komunitas Relawan Lestari Moerdijat) Demak, dan ratusan penyandang disabilitas di Demak.

Menurut Anggi, sosialisasi dan syukuran ini selain untuk mempererat silaturahim antarpara penyandang disabilitas di Demak, sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai ajang saling bertukar pikiran dan keterampilan.

”Sehingga bila ada kendala yang tidak bisa diatasi, bisa bersama-sama dicarikan solusinya, lewat jejaring yang ada,” ujar dia.

BACA JUGA: Banyak Kendala yang Dihadapi Penyandang Disabilitas di Indonesia

Apalagi, tambah Anggiasari, tema peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini adalah, Partisipasi Bermakna Menuju Pembangunan Inklusi dan Berkelanjutan.

Sehingga, tegasnya, upaya membangun kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kapasitas diri para penyandang disabilitas, merupakan langkah strategis, untuk mewujudkan pembangunan inklusi dan berkelanjutan.

Riyan