blank
Ketua AFK Semarang, Suyatno (duduk tengah), melakukan foto bersama perwakilan tim yang akan berlaga di even Liga Futsal AFK Semarang 2022. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Bidang Teknik Asosiasi Futsal Kota (AFK) Semarang, Digo, mengatakan, usai vakum selama dua tahun, Liga Futsal AFK Semarang 2022, kembali digelar, mulai Sabtu (3/12/2022) ini, yang berlangsung di lapangan futsal Manunggal Jati, Semarang.

Selama empat pekan, sebanyak 19 tim futsal, baik putra dan putri, akan bersaing menjadi yang terbaik. Sebelumnya, seluruh tim telah mengikuti technical meeting (TM), yang dilakukan di Triizz Hotel, Semarang, Rabu (30/11/2022) lalu.

Dalam TM dibahas beberapa aturan yang digunakan di Liga AFK Semarang 2022. Di antaranya, pemain senior hanya boleh diturunkan sebanyak dua orang dalam sebuah pertandingan.

BACA JUGA: Kota Magelang Raih Anugerah Meritokrasi 2022 dari Pemprov Jateng

”Pemain kelahiran 2002 sudah kita anggap pemain senior. Jadi harapannya, semua tim lebih banyak menurunkan pemain kelahiran 2003, 2004, 2005, agar muncul pemain muda potensial,” pinta Digo.

Ditambahkan dia, aturan itu juga untuk regenerasi pemaim futsal Kota Semarang. Apalagi tahun depan ada agenda Pra-PON. Kali ini, Liga Futsal AFK Semarang 2022, diikuti 19 tim futsal putra dan putri.

Pada Divisi 1 diikuti sembilan tim, di antaranya AD Astra, FC Bintama, Jatidiri Muda, Joufas, Nafas FC, PCKG, RBX, TRJ.

BACA JUGA: Pertamina Gerak Cepat Bantu Masyarakat Terdampak Banjir di Kabupaten Pati Jawa Tengah

Sedangkan Divisi 2 diikuti enam tim, yakni Bintang Lima, BJL 2000, FC Big Brother, F45T FC, Venus FC, Young Star.

Dalam even in, AFK Semarang juga menggelar Liga Futsal Putri untuk pertama kalinya, yang diikuti lima tim. Antara lain Bintama Angels, Bintang Lima, F45T Angels, TRJ serta Venus Angels.

Sementara itu, Ketua AFK Semarang, Suyatno, berharap, Liga AFK Semarang 2022 ini berjalan dengan lancar. Pihaknya juga berupaya untuk menggelar secara profesional. Salah satunya, seluruh tim akan dibuatkan SK.

BACA JUGA: Tuntut Kenaikan Upah Sampai 10 persen, Sejumlah Buruh Geruduk Kantor Bupati Jepara

”Kami ingin Liga Futsal AFK Semarang ini jadi liga berkualitas, dan mampu memunculkan potensi-potensi pemain muda futsal Kota Semarang untuk Jawa Tengah. Terlebih banyak agenda setelah ini, seperti Porprov juga Pra-PON,” jelasnya.

Salah satu perwakilan peserta, Inacio Goncalves, yang tergabung dalam tim futsal Big Brothers Semarang, mengaku senang, Liga Futsal AFK Semarang kembali digelar.

”Kami senang, Liga Futsal AFK 2022 ini kembali digelar. Secara tim kami juga sudah siap menghadapi Divisi 2. Untuk persaingan, saya kira semuanya merupakann tim yang kuat,” tandasnya.

Riyan