blank
ilustrasi olahan lele goreng. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan lele jadi salah satu jenis ikan yang rasanya tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Dilansir dari Suara.com, apalagi ikan yang satu ini juga mudah diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng hingga diasap.

Selain itu, hal yang paling penting bahwa ikan lele juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Dilansir dari Healthguide, berikut telah dirangkum 5 kandungan nutrisi ikan lele yang baik untuk kesehatan.

1. Sumber vitamin B12

Ikan lele merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Kandungan tersebut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Bahkan, vitamin B12 juga berperan dalam mencegah sejumlah penyakit.

Baca Juga: Buah Langka Kaya Manfaat, Lima Manfaat Buah Kenitu Bagi Kesehatan

Mulai dari meningkatkan kesehatan mental, mencegah anemia, hingga membantu meningkatkan aktivitas kardiovaskular.

2. Kaya protein

Selain vitamin, ikan lele juga kaya akan protein yang merupakan salah satu sumber energi terpenting dalam tubuh. Berkat kandungan tersebut, maka mengonsumsi ikan lele bisa membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga pada gilirannya bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, jenis ikan yang satu ini cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kandungan protein pada ikan lele juga baik untuk anak-anak karena bisa berperan dalam pembangunan dan perbaikan jaringan otot.

Baca Juga: Dapat Mencegah Kanker, Tujuh Manfaat Daun Kemangi

3. Mengandung selenium

Kandungan selenium pada ikan lele memegang peran yang sangat penting bagi kesehatan, khususnya berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Hal itu sesuai dengan hasil studi mengenai adanya hubungan erat antara kadar selenium dengan peningkatan respon imun.

Tak sampai di situ, kandungan selenium juga bertindak sebagai antioksidan sehingga bisa membantu mengurangi peradangan hingga menurunkan stres oksidatif dalam tubuh.

4. Tinggi asam lemak omega-3

Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada ikan lele yakni asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut sangat diperlukan, terutama untuk perkembangan sistem saraf dan penglihatan.

Baca Juga: Membantu Meredakan Jerawat, Tujuh Manfaat Habbatussauda

Selain itu, makanan yang kaya akan omega-3 seperti ikan lele juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot rangka, hingga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Kaya vitamin D

Kandungan vitamin D juga terdapat pada ikan lele. Nutrisi tersebut bertindak dalam berbagai fungsi tubuh, khususnya dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang optimal dalam darah berkaitan erat dengan penurunan risiko sejumlah penyakit kronis.

Claudia