blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Desa Jinggotan kecamatan Kembang Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan membentuk Kampung Germas. kegiatan diawali dengan senam bersama. Selain itu ada pemeriksaan kesehatan dan stand bazar, di lapangan Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Rabu, (30/11).

Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Bupati (Pj) Jepara Edy Supriyanta diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Nur Cholis, Camat Kembang Anwar Sadat, Kepala Puskesmas Kembang Dokter Figi Bayu Joko Saputro, Forkopimcam Kembang, Petinggi dan Ketua Forum Kesehatan Desa (FKD) se-Kecamatan Kembang, serta tamu undangan.

blank

Kabid Kesmas DKK Jepara Nur Cholis mewakili Pj. Bupati Jepara mengatakan, Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Setidaknya terdapat tujuh langkah penting dalam rangka menjalankan Germas, meliputi melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, berhenti merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan memanfaatkan jamban.

“Aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat,salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.” Katanya.

Secara umum, tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Karena dengan gaya hidup sehat akan memberikan banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang.

Hadepe