blank
Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Mustai'n Ahmad (kiri) menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat kepada Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa'adi (kanan) disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat penutupan Pospenas IX 2022 di Benteng Vastenburg Foto: Pospenas
SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Ribuan santri peserta Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) dari 34 provinsi di Indonesia dan sekitar Solo Raya mengikuti salawat bersama Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi . Kegiatan yang merupakan bagian dari Pospenas Bersalawat menjadi penutup serangkaian pekan olahraga dan seni antarpondok pesantren tingkat nasional IX 2022 yang berlangsung di Benteng Vastenburg Kota Solo, Sabtu (26/11) malam.
Turut hadir dalam penutupan tersebut, Gubernur Jateng,  Ganjar Pranowo, dan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan, Pospenas  selain menjadi ajang silaturahmi juga merupakan sarana  untuk berbagi pengalaman, pengetahuan dan keterampilan dalam cabang olahraga dan seni.

Siapa bilang santri tidak bisa berprestasi. Siapa bilang santri tidak bisa berolahraga. Hari ini  dibuktikan dengan sportivitas masing-masing.

Kepada kontingen peraih juara dalam Pospenas dipesankan untuk tidak jumawa. Demikian halnya kepada kontingen yang kalah , hendaknya  tidak larut dalam kesedihan dan merasa bersalah.

Pesan demikian dikarenakan  masih ada kesempatan dalam ajang Pospenas berikutnya.

Kepada santri bertalenta yang menyemarakan ajang Pospenas diharapkan  dapat ambil bagian dalam ajang lain seperti PON, Asian Games, SEA Games bahkan olimpiade.

“Sukses untuk semuanya, selamat kembali ke tempat masing-masing. Jangan lupa salam untuk orang tua, jangan lupa sampaikan terimakasih untuk guru, romo kyai karena dari tangan beliau kalian jadi hebat,” kata Gubernur Jateng. .

Secara terpisah dari penyelenggara diperoleh keterangan dalam kesempatan sama juga diserahkan bantuan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Rp 500.000.000 untuk korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat.

Bagus Adji