blank
Keua PCNU Kebumen Moch Dawamudin Masdar melepas Tim Sukarelawan NU Peduli ke Cianjur, Kamis 24/11.(Foto:SB/LPBI NU Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Gempa bumi 5,8 Skala Richter (SR) yang melanda Kabupaten Cianjur di 16 kecamatan dan 130 desa terdampak masih menimbulkan keprihatinan.

Bencana tersebut mengakibatkan 56.311 rumah rusak, 272 korban jiwa meninggal, 2.046 orang korban mengalami luka-luka dan 62.545 orang terpaksa mengungsi. Pencarian korban yang belum ditemukan masih terus dilakukan dan menjadi prioritas selain perawatan luka dan pengungsian serta manajemen bantuan.

PCNU Kabupaten Kebumen melalui Tim NU Peduli Kemanusiaan Kebumen dengan cepat merespons kebutuhan tersebut dan telah kini mengirimkan tim sukarelawan NU menuju ke lokasi Cianjur guna membantu sesama.

“Hari ini kita berangkatkan tim Canjur. Bagi NU urusan kemanusiaan membantu sesama ini menjadi prioritas,”jelas Ketua PCNUIKebumen Drs KH Dawamuddin Masdar MAg saat pelepasan tim relawan NU Peduli Kemanusiaan PCNU Kebumen di Jalan Kusuma, Kamis (24/11).

Di tempat yang sama Ketua LPBI NU dan Ketua NU Peduli Kemanusiaan PCNU Kebumen Mukhsinun SHI MEI menambahkan bahwa personel sukarelawan yang diberangkatkan dari berbagai lembaga dan badan otonom.

Menurut Mukhsinun, kompetensi sukarelawan yang dikirim itu sesuai yang dibutuhkan. Antara lain dari LPBI NU dan IPPNU Cluster Psikososial, BAGANA dan Lazisnu Cluster Manajemen Posko dan Dapur Umum dengan 1 armada yang diharapkan dapat memberi manfaat dilokasi bencana.

Selain mendapat orientasi secara teknis sebelum berangkat juga personil relawan NU yang diberangkatkan dilengkapi dengan Alat Perlindungan Diri sesuai kondisi ancaman di lokasi tugas.

Ketua Lazisnu Kebumen H Marlan SH menyatakan, pihaknya ikut mendung apa yang dibutuhkan oleh Tim NU Peduli Kemanusiaan untuk menuju lokasi maupun selama di lokasi bencana. Sambil menunggu data dan informasi dari tim awal ini tentang perkembangan kebutuhannya secara detail

Menurut Marlan, Lazisnu kebumen melakukan penggalangan dana kemanusiaan bersama lembaga dan badan otonom lainnya seperti Ansor, Fatayat, IPNU dan IPPNU serta semua komponen masyarakat yang peduli.

Marlan menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat yang terus memberikan kepercayaan kepada NU Kebumen dalam penyaluran bantuan kemanusiaan melalui Lazisnu Kebumen.

“Insya allah amanah ini ditunaikan secara baik, akuntabel dan transparan dalam pengelolaannya,” Imbuh ketua Lazisnu Kebumen tersebut.

Komper Wardopo