blank

JEPARA (SUARABARU.ID):Dalam rangka mendukung promosi Desa Wisata Teluk Awur, sejumlah mahasiswa KKN Tematik Jepara Universitas Diponegoro 2022 melaksanakan penyerahan buku panduan wisata “Teluk Awur Travel Guide (TATG)” kepada Petinggi Desa Teluk Awur di Balai Desa Teluk Awur pada hari Rabu (23/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Petinggi Desa Teluk Awur, N. Rokhman, memberikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa KKN Tematik Jepara yang telah berdedikasi untuk membuat Teluk Awur Travel Guide. Beliau berharap Teluk Awur Travel Guide dapat bermanfaat bagi wisatawan maupun calon wisatawan yang akan berkunjung ke Desa Wisata Teluk Awur.

blank

Kegiatan tersebut merupakan implementasi program multidisiplin yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik Jepara Universitas Diponegoro kelompok 4 yang mengusung tema “Pemberdayaan Potensi Pariwisata di Desa Teluk Awur.”

Sejauh ini Desa Teluk Awur belum memiliki media promosi yang menyediakan informasi lengkap mengenai segala aspek pariwisata di desa Teluk Awur. Maka dari itu, diperlukan sebuah upaya untuk menghadirkan media promosi yang dapat digunakan sebagai penunjang pariwasata Desa Teluk Awur yang di dalamnya memuat informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan dan calon wisatawan yang akan berkunjung ke Desa Teluk Awur.

Teluk Awur Travel Guide berbentuk buku panduan wisata berukuran A6 dan terdiri dari 12 halaman. Teluk Awur Travel Guide (TATG) memuat informasi tentang Teluk Awur, meliputi asal-usul Teluk Awur, letak geografis, rute perjalanan menuju pantai Teluk Awur, informasi harga tiket, fasilitas penunjang wisata, dan kontak-kontak darurat.

Sementara itu, penyerahan TATG (Teluk Awur Travel Guide) juga diserahkan secara simbolis kepada Direktur BUMDes, Muji Arwani. Sejak awal Muji sangat mendukung program kerja yang diusung oleh kelompok 4 KKN Tematik Jepara ini. Oleh karena itu, saat program kerja tersebut terealisasi, beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kelompok 4 yang sudah membuat Teluk Awur Travel Guide tersebut.

Menurut koordinator kelompok 4 KKN Tematik Jepara Universitas Diponegoro 2022, Muhammad Naufal Adil, buku panduan wisata Teluk Awur Travel Guide merupakan buku panduan wisata yang diharapkan dapat menjadi media informasi dan promosi tentang berbagai fasilitas maupun pariwisata di Desa Teluk Awur. Dirinya mewakili rekan-rekan berharap bahwa apa yang mereka berikan dapat membawa manfaat bagi Desa Teluk Awur khususnya kawasan wisata Pantai Teluk Awur.

Devi, salah seorang anggota kelompok 4, menambahkan bahwa Teluk Awur Travel Guide (TATG) ini harapannya dapat digandakan lebih banyak lagi sehingga suatu hari nanti TATG tidak hanya berguna untuk UMKM dan wisatawan, tetapi menjangkau masyarakat secara lebih luas.

Anggi