blank
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Rambut rontok jadi salah satu permasalah rambut yang banyak dialami banyak orang. Terkait hal itu, ada berbagai perawatan khusus yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya rambut rontok.

Dilansir dari Suara.com selain merawat dari luar, penting pula untuk melakukan upaya dari dalam untuk mencegah permasalahan rambut tersebut.

Salah satunya dengan memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang berkhasiat terhadap kesehatan rambut. Terkait hal itu, berikut telah dirangkum dari Style Craze mengenai 5 makanan yang dapat membantu mencegah rambut rontok.

Baca Juga: Empat Tips Mekeup Lebih Tahan Lama

1. Ikan

Makanan pertama yang dapat membantu mencegah rambut rontok adalah ikan. Secara umum, ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan protein yang berperan dalam kesehatan rambut.

Studi menunjukkan bahwa minyak ikan dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan juga dapat berperan dalam mengurangi penipisan rambut.

2. Telur

Telur mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, protein, hingga mineral yang dapat membantu memperkuat folikel rambut. Secara khusus kandungan protein dalam telur dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegah terjadinya kerontokan rambut dini. Studi lainnya pun menunjukkan bahwa telur berperan dalam membantu perkembangan rambut.

Baca Juga: Benarkah Rambut Rontok di Musim Panas Hal yang Normal? Simak Penyebabnya

3. Kenari

Kenari terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu membuat rambut lebih sehat. Selain itu, kandungan protein pada kenari juga berperan penting dalam membantu pertumbuhan rambut.

Tak sampai di situ, kenari mengandung sejumlah nutrisi lainnya seperti magnesium, selenium, seng, besi, vitamin B1, B6, B9, hingga vitamin E sehingga dapat membantu menguatkan rambut, mengurangi rambut rontok, dan menjaga kesehatan kulit kepala.

4. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak menjadi makanan berikutnya yang dapat membantu mencegah rambut rontok. Makanan yang satu ini mengandung seng, zat besi, vitamin, selenium, dan vitamin yang secara biologis bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

5. Kacang almond

Kacang almond kaya akan magnesium, selenium, protein, asam lemak tak jenuh, dan vitamin. Kandungan tersebut membuat kacang almond berkhasiat untuk membantu merangsang folikel rambut. Terkait hal itu, maka konsumsilah 4-5 almond yang direndam setiap hari untuk membuat rambutmu lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

Claudia