blank
Tim PkM FE USM foto bersama seusai memberi pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi dan memberikan aplikasi sistem informasi akuntansi terintegrasi kepada UMKM Happy Boy di Kendal, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

KENDAL (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi dan memberikan aplikasi sistem informasi akuntansi terintegrasi kepada UMKM Happy Boy di Kendal, baru-baru ini.

Menurut Ketua Tim PkM USM, Risti Ulfi Hanifah, tujuan kegiatan untuk mendampingi UMKM di daerah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha mereka. Respons pelaku UMKM Happy Boy cukup bagus.

Dia mengatakan, di era digital ini pelaku UMKM membutuhkan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga pelaku UMKM memiliki pencatatan atau pembukuan, keluar masuknya kas pada usahanya. Tujuannya agar tidak terdapat kesalahan hitung atau salah saji, karena tujuan mendirikan usaha untuk memperoleh keuntungan.

”Hingga saat ini pelaku UMKM belum menyadari pentingnya informasi akuntansi atau sistem keuangan yang terkait dengan pencatatan dan pembukuan keuangan dalam menjalankan usaha untuk menentukan sehat atau tidaknya usaha tersebut,” ungkapnya.

Owner Happy Boy, Vaqit mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena selama ini pihaknya belum menggunakan sistem pembukuan dengan baik.

Dia berharap, kegiatan ini dapat dilakukan kembali dengan memberikan pengetahuan lain yang lebih luas dalam menggembangkan usaha.

”Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengatasi masalah pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Muhaimin