blank
Tim PkM FE USM foto bersama pelaku UMKM seusai mengikuti Edukasi Pengelolaan Keuangan Keluarga ke Pelaku UMKM Kampung Tematik Ucil Bulu Lor. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan edukasi pemahaman tentang Pengelolaan Keuangan Keluarga bagi UMKM Kampung Tematik Ucil Bulu Lor Kota Semarang pada 14 Oktober 2022.

Tim PkM FE USM terdiri atas Drs Aprih Santoso MM, Dra Sri Yuni Widowati MM dan Saifudin SE MSi.
Kegiatan didanai oleh Universitas Semarang (USM).

Menurut Aprih, pascapandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM bangkit kembali. Kebangkitan dari para pelaku UMKM dalam memulai bisnisnya juga dilakukan di UMKM Kampung Tematik Ucil Bulu Lor Kota Semarang.

Namun, dalam pergerakan bisnisnya tersebut, ada beberapa kendala yang dihadapi.

”Di antara kendala yang muncul adalah ketidakmampuan mengelola keuangan keluarga secara baik dan benar. Hal ini muncul, karena pemasaran produk yang selama ini masih manual yang berubah secara drastis dan cenderung menurun, sehingga pendapatan para pelaku UMKM juga ikut turun,” ujarnya.

Dia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi pemahaman kepada para pelaku UMKM Kampung Tematik Ucil Bulu Lor Kota Semarang dalam pengelolaan keuangan keluarga dengan benar.

Dia berharap, ke depan mereka mampu bertindak secara responsif dan adaptif terhadap pendapatan yang diterima dari fluktuasi pemasaran produk.

”Artinya, pengelolaan keuangan keluarga harus dibuat secara kokoh, lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, dan memprioritaskan pemenuhan kewajiban dahulu dibandingkan dengan keinginan lain yang bisa ditunda,” ungkapnya.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Bulu Lor itu melibatkan 26 pelaku UMKM Kampung Tematik Ucil Bulu Lor Kota Semarang.

Muhaimin