blank
Bersamaan dengan pengajian tabligh akbar, pengurus Takmir Masjid Al Falah, Madyorejo, Jetis, Sukoharjo, membagikan doorprize kepada jamaah pemenang undian.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Ada tiga hal yang disampaikan Ustadz DR Andie Kusuma Brata SE, MM, SKom, MSi, MCH, CHt, saat pengajian tabligh akbar. Acara ini dilaksanakan di Masjid Al Falah, Kampung Madyorejo Barat, Kelurahan Jetis Kecamatan Sukoharjo Kota, Kabupaten Sukoharjo.

Tokoh masyarakat Madyorejo, Jetis, Sukoharjo, Begug SW, mengatakan, pengajian mengambil Tema: ”Tantangan dan Solusi Keluarga di Era Teknologi Informasi,” berlangsung Jumat malam (18/11). Acara itu, dirangkai dengan event Al Falah May Day (AMD) yang digelar Minggu pagi (20/11).

Tiga hal yang ditekankan dalam pengajian akbar tersebut, adalah hard skill, soft skill dan atitude yang perlu menjadi bekal kaum muda. Dalam bahasa akademis, hard skill adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan terukur. Bisa dipelajari dan dikembangkan melalui pendidikan formal, kursus, pelatihan perusahaan, atau sertifikasi.

Soft skill adalah kepribadian dasar dari seseorang atau bawaan, maka cara terbaik untuk meningkatkannya adalah dengan banyak berinteraksi dengan orang lain dan mengamati lingkungan sekitar.

Attitude adalah sikap dan perilaku yang ditunjukan sehari-hari. Menyangkut tentang cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain. Yang semua itu adalah cerminan dari apa yang dipikirkan.

Pembentukan Karakter

Kata Ust Andie, pembekalan pendidikan kepada para remaja, penting dalam upaya penempaan pembentukan karakter. ”Era sekarang dunia menjadi kecil, semua kejadian yang terjadi di penjuru dunia, bisa dengan mudahnya diakses dalam genggaman ponsel dan internet,” tandasnya.

Zaman sekarang, anak tidak bisa lepas dari ponsel dan internet.
”Oleh karenanya orang tua harus pandai, bijak dan cermat, dalam membimbing anak-anak di zaman now,” pesan Ustadz Andie sembari menekankan pentingnya membekali tiga hal tersebut kepada anak-anaknya.

Tampak hadir para sesepuh Takmir Al-falah Drs H Suroto, Drs H Sukisno, Drs H Wignyo Sudarmo, Ketua FKTM Kelurahan Jetis H Sugiyarto MPd, Lurah Jetis Suyamto SE, Ketua Takmir Masjid Al-Falah Ir H Rudy Setyohadi bersama para Ketua Takmir dan Pengurus Masjid se Kelurahan Jetis, Kecamamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo.

Kepada hadirin dibagikan hadiah sejumlah doorprize dengan cara diundi, yang penyerahannya dilakukan oleh Ketua Takmir Masjid Al-Falah, Rudy Setyohadi. Kepada para jamaah juga disuguhkan pemutaran film dokumenter Selayang Pandang kegiatan Madjid Al Falah berikut dengan event AMD-nya. Ikut memberikan sambutan, Lurah Jetis, Suyamto.

Bambang Pur