blank
Tol Semarang-Demak Seksi II Sayung-Kadilangu, sudah mulai diujicoba sejak Sabtu (12/11/2022) hingga Jumat (2/12/2022). Foto: hms

DEMAK (SUARABARU.ID)– Usai dilakukan inspeksi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, belum lama ini, akses Tol Semarang-Demak dibuka untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura. Meski masih perlu pembenahan akhir, warga merasa ujicoba jalur alternatif via tol ini, efektif memangkas waktu tempuh.

Tol Semarang-Demak Seksi II (Sayung-Kadilangu, Demak) mulai dibuka pada Sabtu (12/11/2022). Pembukaan jalur itu dilaksanakan secara terjadwal. Pada pagi mulai pukul 06.00-10.00 WIB, jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang, melaui Exit Tol Kadilangu. Sedangkan di sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB, jalur dibuka dari arah Semarang ke Demak via Exit Tol Sayung.

Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP), Robby Sumarna, mengatakan, ujicoba Tol Semarang-Demak Seksi II (Kadilangu-Sayung) sebagai jalur alternatif, tidak terlepas dari arahan Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ”Ini permintaan Gubernur dan Menteri,” ujar dia dalam pesan singkatnya.

BACA JUGA: Duet Iwan Fals dan Ganjar Tuntaskan Gelaran Borobudur Marathon 2022

Ditambahkan Robby, ujicoba pembukaan Tol Semarang-Demak sebagai jalur alternatif ini, akan berlangsung hingga 2 Desember 2022.

Seperti diketahui, Ganjar melakukan inspeksi dan komunikasi intens terkait solusi penguraian kemacetan di jalur Pantura, akibat pembangunan Jembatan Wonokerto. Pada kunjungan pekan lalu, dia menyebut ruas tol sepanjang 16,31 kilometer itu, menyisakan pengerjaan detail, seperti rambu dan ornamen pada pintu keluar.

Riyan