blank
Tim PKM Teknik Elektro Unissula Semarang, menggelar pelatihan dan pembuatan papan informasi elektronik, bersama LPMK Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Foto: unissula

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Teknik Elektro Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, belum lama ini menyelenggarakan pelatihan dan pembuatan papan informasi elektronik.

Kegiatan itu dilakukan bersama LPMK Kelurahan Gebangsari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, di Kantor Kelurahan Gebangsari. Papan informasi elektronik ini sebagai sumber informasi mitigasi bencana, bagi masyarakat sekitar.

Menurut data dari BPBD Kota Semarang, ada beberapa daerah di wilayah Kecamatan Genuk, yang merupakan langganan banjir tiap tahun. Di antaranya Kelurahan Sembungharjo, Kelurahan Trimulyo, Kelurahan Muktiharjo Lor, Kelurahan Terboyo Wetan, Kelurahan Terboyo Kulon, dan Kelurahan Gebangsari.

BACA JUGA: Jumlah Anak Jalanan Terus Meningkat Tajam

Dosen Unissula yang juga selaku pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat, terdiri dari Munaf Ismail ST MT, Dr Eka Nuryanto Budisusila ST MT dan Dr Ir Muhammad Haddin MT.

Pelatihan ini diikuti masyarakat di Kelurahan Gebangsari, yang masuk dalam LPMK Kelurahan Gebangsari, dan aparat kelurahan. Hadir pula Lurah Gebangsari, Gunarto.

”Penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan harus melibatkan peran masyarakat luas” jelas Gunarto, didampingi Sismoyo, selaku Ketua LPMK Kelurahan Gebangsari, Genuk, Semarang.

BACA JUGA: Sharing Session Mahasiswa Ilkom USM, Fajrin: Content Creator Berpeluang Raih Pendapatan Tinggi

Dia berharap, dengan adanya pelatihan dan pembuatan papan informasi elektronik ini, bisa menambah informasi tentang mitigasi bencana bagi masyarakat yang ada di daerah rawan bencana.

Menurut dia, para peserta atau relawan menjadi potensi utama atau unsur pencegahan dan penanggulangan bencana. Dengan menyatukan kekuatan yang komprehensif seluruh komponen masyarakat dan pemerintah, penanganan terhadap bencana banjir akan semakin efektif, cepat dan tepat.

Riyan