blank
Ilustrasi Jus Apel. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin Anda mulai bosan mengonsumsi apel dalam bentuk buah, karenanya Anda dapat mengkreasikannya dengan mengolahnya dalam bentuk jus. Manfaat jus apel bagi kesehatan sangat beragam.

Akan tetapi, Anda juga perlu tahu bahwa kandungan nutrisi antara jus apel dan buah apel ternyata berbeda! Pasalnya, pada saat buah apel diblender untuk dijadikan jus, maka ada beberapa kandungan mineral dan vitaminnya yang akan hilang, Dilansir dari Suara.com pada Kamis (10/11/2022)

Meski demikian, jus apel tetap memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Setidaknya dalam 240 mililiter atau setara dengan satu cangkir jus apel, terdapat berbagai kandungan nutrisi, di antaranya yakni: kalori: 114, gula: 24 gram, protein kurang dari 1 gram, serat: 0,5 gram, karbohidrat: 28 gram, vitamin C: 3 persen dari RAH, dan juga kalium: 5 persen dari rekomendasi asupan harian atau RAH.

Baca Juga: Siaran Digital Harus Beri Manfaat untuk Masyarakat

Tak hanya itu, jus apel juga mempunyai kandungan antioksidan seperti asam klorogenat, dan flavonoid yang dapat membantu menetralisirkan radikal bebas. Disadur dari SehatQ, berikut beberapa manfaat jus apel bagi kesehatan.

1. Menyehatkan Jantung

Meskipun diolah dengan cara diblender, tetapi kandungan polifenol pada apel masih tetap bertahan. Inilah alasan mengapa jus buah apel dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Terdapat sebuah riset yang membuktikan bahwa polifenol mampu mencegah proses oksidasi kolesterol jahat atau LDL. Dengan begitu tidak akan menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga: Empat Manfaat Manggis Bagi Ibu Hamil

Sementara itu, pada riset lainnya juga membuktikan salah satu khasiat jus apel yakni dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 20 persen lebih resisten terhadap oksidasi hanya dengan mengonsumsi satu setengah cangkir jus apel selama enam minggu. Dengan demikian Anda akan terhindar dari penyakit jantung.

2. Mengatasi Sembelit

Pada umumnya sembelit terjadi bila usus besar menyerap cairan terlalu banyak. Namun, Anda tidak perlu risau karena jus apel mempunyai kandungan sorbitol, yakni senyawa yang diyakini mampu mengatasi sembelit serta dapat membantu melancarkan buang air besar.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Tak hanya mengatasi sembelit, tetapi manfaat jus apel juga dapat dirasakan pada kesehatan mata. Diketahui bahwa apel maupun jus apel memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi.

Baca Juga: Dapat Meredakan Nyeri Saat Haid, Lima Manfaat Daun Suji

Sedangkan vitamin tersebut dipercaya mempunyai kemampuan untuk menyehatkan indra penglihatan, yakni mata. Selain itu vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit mata.

4. Mencegah Penyakit Asma

Jus apel yang mempunyai kandungan senyawa antiradang serta antialergi dapat membantu mengatasi gejala serta mencegah terjadinya serangan asma. Selain itu kandungan polifenolnya juga diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Terdapat sebuah riset yang telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi apel secara rutin akan membantu menjaga fungsi paru-paru sehingga Anda akan terhindar dari serangan penyakit asma.

Itulah keempat manfaat jus apel bagi kesehatan. Namun, buah apel tetap dianggap lebih menyehatkan dibandingkan dengan yang sudah diolah menjadi jus.

Claudia