Kapolda Jateng saat mengukuhkan Polresta Magelang, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Polres Kabupaten Magelang tipenya ditingkatkan menjadi Polresta, hari ini (Selasa 8 November 2022). Pengukuhan peningkatan tipe oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Kapolda dalam kesempatan itu mengatakan, peningkatan status tentu mengandung konsekuensi. Melihat dinamika masyarakat Magelang memang selayaknya untuk ditingkatkan. Dengan salah satu pertimbangan di wilayah Magelang ada satu destinasi nasional yang menjadi perhatian publik, yakni Candi Borobudur.

Selain itu, mempertimbangkan jumlah penduduk dan luas wilayah. Disebutkan, ada 353 desa dan 20 kecamatan. Jumlah Kecamatan di Kabupaten sebanyak 21, tetapi Kecamatan Bandongan masuk wilayah hukum Polres Kota Magelang.

Menurutnya, itu akan memberikan efek detern dalam rangka hadirnya Polri di tengah masyarakat.
Konsekuensi lain, karena tipenya naik, Kapolresnya menjadi Kombes, para Kasat menjadi Kompol, termasuk Polsek ada yang rural maupun urban akan ditingkatkan.

Sebagai pembina fungsi, dia berterima kasih kepada seluruh jajaran atas kenaikan tipe itu. Dia berpesan kepada jajaran Polresta Magelang untuk lebih meningkatkan dalam rangka menangkap aspirasi harapan masyarakat. Sehingga ke depan Kamtibmas bisa tercipta khususnya dalam rangka menghadapi kegiatan-kegiatan yang bertaraf nasional maupun internasional di wilayah Kabupaten Magelang.

Dia juga berterima kasih kepada Forkompinda Kabupaten Magelang yang telah memberikan dukungan untuk kegiatan kepolisian di wilayah itu. Sehingga pelaksanaan tugasnya sesuai yang diharapkan masyarakat.

Ditambahkan, tidak hanya Polresta Magelang yang akan dibesarkan. Di Magelang karena ada objek vital nasional. Hal itu merupakan atensi dari Kapolri untuk melakukan pengawasan, pengamanan.

“Jadi, back up Polda akan diperbanyak di wilayah ini,” tegasnya.

Apalagi, karena sering ada kegiatan yang bersifat nasional. Itu akan diikuti dengan penambahan jumlah personel, sarana dan prasarana.

Saat jumpa pers, dia sebutkan, jumlah Polres yang naik tipe belakangan ini ada tiga. Yakni Pati, Cilacap dan Magelang. Sebelumnya juga sudah ada seperti Polresta Banyumas, dan Surakarta.

Eko Priyono