blank
Ilustrasi perjalanan. Foto: Pexels

SEMARANG (SURABARU.ID)- Tahun 2022 tinggal menyisakan dua bulan terakhir. Akhir tahun tersebut biasanya banyak dimanfaatkan untuk pergi liburan, terutama oleh para orang tua lantaran bertepatan dengan libur anak sekolah.

Dilansir dari Suara.com bagi yang sudah menikah dan memiliki anak, tentu tidak bisa hanya menyiapkan keperluan liburan untuk diri sendiri. Melainkan juga kebutuhan pasangan, anak, bahkan mungkin juga orang tua bila mrlakukan liburan bersama keluarga besar.

Agar tidak bingung dan tidak terlewat menyiapkam berbagai kebutuhan untuk liburan, simak tips dari tiket.com berikut ini:

Baca Juga: Lima Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

1. Riset

Riset dan persiapkan segala macam dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan. Terutama bila akan pergi berlibur ke luar negeri. Pastikan paspor dan visa telah disiapkan. Sebaiknya simpan satu tempat bersama dokumen lain, seperti KTP, SIM, maupun kartu identitas lainnya.

2. Buat Susunan Acara

Tak perlu harus merinci hingga waktu jam makan, tidur, dan lain sebagainya. Tapi cukup list tempat wisata apa saja yang ingin dikunjung atau daftar kegiatan yang ingin dilakukan. Pilih tempat dan kegiatan sesuai dengan jumlah rombongan juga kemampuan fisik setiap anggota keluarga.

3. Persiapkan Obat

Meski saat berangkat liburan merasa tubuh sehat, hal itu tidak menjamin akan terus terjadi selama liburan. Tak ada salahnya lakukan upaya pencegahan dengan membawa obat-obatan umum yang biasa dikonsumsi. Misalnya obat demam, diare, alergi, maupun yang lain. Perhatikan juga iklim dan sesuaikan pakaian dengan musim di destinasi tujuan.

Baca Juga: Tips Menulis Artikel bagi Pemula

Selain obat, vitamin serta perlengkapan kesehatan lain yang dibutuhkan selama berwisata serta asuransi perjalanan untuk menjadikan pengalaman wisata semakin nyaman dan aman.

4. Pintar Pilih Waktu Membeli Tiket

Jika destinasi pilihan hanya dapat dicapai dengan pesawat, maka bijaklah dalam mengatur waktu. Mulai dari pembelian tiket agar dapat duduk berdampingan hingga jam tiba di bandara agar tidak tergesa-gesa mengikuti semua prosedur sebelum terbang.

5. Siapkan Uang Tunai

Meski saat ini kebanyakan urusan bisa dilakukan secara digital, menyiapkan uang tunai tetap penting dilakukan. Siapkan uang saku yang cukup dan pastikan bank penerbit kartu kredit menerima informasi jadwal dan destinasi perjalanan agar transaksi untuk konsumsi dan belanja dapat terlaksana dengan aman dan nyaman.

Claudia