blank
Ilustrasi perjalanan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketika sedang berwisata ke suatu tempat, terkadang sering kali mengalami berbagai masalah yang tidak terduga. Kondisi ini menyebabkan kita harus mengeluarkan dana kembali untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak bisa dipungkiri, kondisi tersebut juga akan membuat pengeluaran menjadi lebih boros dari biasanya. Apalagi jika masalah dialami berada di luar negeri. Namun, pada dasarnya pengeluaran tersebut dapat diatasi dengan adanya asuransi perjalanan, dilasnir dari Suara.com pada Rabu (2/11/2022).

Dengan adanya asuransi perjalanan, itu akan dapat membantu meringankan biaya jika ada masalah saat bepergian, terutama ke luar negeri. Akan tetapi, beberapa orang masih belum memahami manfaat yang diberikan dari asuransi perjalanan.

Baca Juga: Lima Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Direktur PT. Aman Jelajah Internasional (AJI), Budi Kusumawardi mengatakan, terdapat beberapa alasan penting mengapa asuransi perjalan penting ketika berencana pergi ke suatu tempat. Beberapa alasan penting tersebut di antaranya:

1. Jaminan personal

Asuransi perjalanan akan memberikan jaminan secara personal kepada pelaku wisata jika terjadi kecelakaan. Tidak hanya itu, jaminan ini juga bisa digunakan jika pelaku wisata mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya meninggal dunia.

Selain jaminan karena kecelakaan, anak juga mendapat santunan pendidikan anak. Bahkan, hilangnya pendapatan akibat kecelakaan.

Baca Juga: Tips Menulis Artikel bagi Pemula

2. Jaminan medis

Asuransi perjalanan juga memberikan jaminan untuk perawat biaya medis dan pengobatan untuk para pelaku wisata. Dengan begitu, jika ada masalah kesehatan selama masa perjalanan, pihak asuransi akan menanggung biaya sesuai dengan tawaran perusahaan.

3. Perlindungan perjalanan

Dengan asuransi perjalanan, ini akan membantu masalah jika ada kendala saat perjalanan. Masalah yang sering terjadi ini meliputi pembatalan, penundaan, pengurangan, pembajakan, gangguan saat perjalanan.

4. Perlindungan tambahan

Asuransi perjalanan juga melindungi masalah-masalah terkait kehilangan atau kerusakan bagasi, keterlambatan, hilangnya dokumen, barang pribadi, uang serta fasilitas hotel.

Itu dia beberapa hal yang mungkin ditanggung dalam asuransi perjalanan. Namun, hal ini kembali dengan tawaran yang dimiliki pihak asuransi perusahaan.

Sementara itu, Budi yang juga sebagai penyedia jasa asuransi menuturkan, selain beberapa keuntungan di atas, biasanya terdapat beberapa jaminan lainnya yang diberikan kepada para pelaku wisata.

Claudia