blank
Calon penumpang maskapai penerbangan berada di ruang keberangkatan Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu (2/11/2022). Foto: Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat telah melayani 1.273.898 penumpang dan 11.500 pesawat udara sejak periode 1 Januari 2022 hingga 31 Oktober 2022.

Stakeholders Relation Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo, mengatakan, jika dibandingkan dengan data di periode yang sama tahun 2021, jumlah penumpang yang sudah dilayani adalah sebanyak 672.251 penumpang dan 8.193 pesawat.

“Dari data tersebut terlihat terdapat pertumbuhan sebesar 47% untuk pergerakan penumpang dan 29% untuk pergerakan pesawat,” katanya saat memberikan keterangan pers, Rabu (2/11/2022).

Heri menjelaskan, dari pertumbuhan trafik penumpang dan pesawat di Bandara Ahmad Yani Semarang pada tahun 2022 tersebut menunjukkan bahwa masyarakat telah kembali melakukan perjalanan dengan pesawat udara.

Adapun pertumbuhan pergerakan trafik baik penumpang maupun pesawat udara di Bandara Ahmad Yani Semarang dipengaruhi oleh kembali beroperasinya dua rute penerbangan domestik yaitu penambangan rute Semarang-Jakarta-Semarang dan Semarang-Batam-Semarang.

Dengan adanya dua rute penerbangan domestik tersebut maka saat ini total rute penerbangan yang ada di Bandara Ahmad Yani Semarang menjadi delapan rute penerbangan.

“Kami optimis terhadap trafik angkutan udara akan terus bertumbuh, dengan adanya beberapa rute perjalanan domestik yang kembali beroperasi di Bandara Ahmad Yani Semarang ini,” katanya.