blank
Kota Semarang menjadi juara umum Pra Porprov cabor Kickboxing, yang digelar di Udinus Sport Center, Jalan Pamularsih, Semarang, Sabtu (29/10/2022). Foto: Riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kota Semarang tampil sebagai juara umum Pra Porprov cabang olahraga Kickboxing, dengan perolehan lima medali emas, empat perak dan dua perunggu. Even itu digelar Udinus Sport Center, Jalan Pamularsih, Semarang, Sabtu (29/10/2022).

Dalam Pra Porprov ini, sebanyak 110 fighter dari 23 kabupaten/kota di Jawa Tengah, ikut ambil bagian. Babak Pra-Porprov ini mempertandingkan nomor low kick dan full contact, dan dibuka Kepala Seksi Olahraga Rekreasi dan Industri Olahraga Disporapar Jateng, Anton Asfhihani, yang mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Gubernur dalam sambutan tertulisnya memberikan apresiasi dan dukungannya, atas penyelenggaraan Pra-Porprov Kickboxing. Ganjar berharap, fighter Jateng punya mental juara, dan prestasinya bisa mengharumkan nama Jateng dan Indonesia.

BACA JUGA: Pra Porprov Cabor Menembak Dilakukan di Tiga Tempat Berbeda

Hadir dalam acara pembukaan, Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat, Kadispora Kota Semarang Fravarta Sadman, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Kusni Ingsih, sejumlah Ketua KONI Kabupaten/Kota, dan pengurus Pengprov Kickboxing Indonesia (KBI) Jateng.

Bambang Rahardjo berharap, Pra Porprov menjadi jalan bagi para atlet kickboxing Jateng ke pentas Nasional, khususnya PON 2024 di Aceh-Sumut. Bila melihat rekam jejak prestasinya, mulai juara umum di ekshibisi PON Papua, dengan merebut dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu, Bambang optimistis cabang beladiri ini mampu berbicara pada tingkat internasional.

”Kami menaruh harapan besar pada olahraga ini, selain tentu cabang-cabang baru yang bakal menjadi kekuatan Jateng, seperti Muaythai, Sambo dan E-Sport,” katanya.

BACA JUGA: Disorot DPRD Wonogiri: Bau Busuk Limbah Pabrik, Kelangkaan Pupuk dan Gagal Ginjal

Ditambahkan dia, menghadapi PON 2024, KONI Jateng memang akan intens menggenjot pembinaan melalui pendekatan sport science. KONI akan mendorong cabang-cabang untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, pada Pra-PON 2023 nanti.

”Hanya cabang yang berpotensi menyumbang medali di PON 2024 itulah yang akan masuk dalam skuad Jateng. Maka kami dorong, siapkan sebaik mungkin menyongsong Pra-PON tahun depan,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov KBI Jateng, Eko Firli menilai, Pra Porprov kali ini sangat kompetitif. Semua kabupaten/kota memiliki kekuatan yang merata.

BACA JUGA: Perkuat Organisasi, MWC NU Tahunan Gelar Ngaji Perkumpulan

Hanya saja, pihaknya menerapkan wild card kepada lima fighter yang lolos ke Porprov. Mereka adalah para atlet yang memiliki kualifikasi pernah masuk Pelatnas SEA Games dan menjadi juara kejurnas.

Mereka yang mendapat wild card lolos karena prestasi Nasional-nya adalah Dini Alimah dari Kabupaten Kendal (kelas 48 kg putri), Dwi Ani Retno Wulan (Rembang/52 kg), M Zainul Anwar (Kabupaten Magelang/54 kg), Aziz Chalim (Grobogan/63 kg), dan Firman Muharram Syach (Sukoharjo/67 kg).

”Kami bersyukur, regenerasi atlet di Jateng terus berjalan. Sasana yang membina kickboxing juga terus tumbuh,” kata Eko, didampingi Wakil Ketua II Moch Hamid dan Sekum Kornelius Bagaskoro Wicaksono.

Riyan