blank
Salah seorang WBP Lapas Terbuka Kendal hendak memberi makan ternak. Foto: Dok/Lapas Kendal

KENDAL (SUARABARU.ID) – Meski hari libur, Lapas Terbuka Kendal tetap melakukan progam pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pembinaan kemandirian bidang perikanan, pertanian, dan peternakan, serta pembinaan kepribadian sholat wajib berjamaah tetap dilaksanakan seperti hari-hari biasanya.

Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy melakukan monitoring jalannya tugas dan fungsi Lapas Terbuka Kendal. “Kegiatan dihari libur berjalan seperti biasa, mulai dari pelaksanaan apel serah terima regu, pelaksanaan program pembinaan kemandirian dan kepribadian dilaksanakan dengan baik,” kata Rusdedy, Minggu (30/10/2022).

Program pembinaan kemandirian bidang perikanan, pertanian dan peternakan di Lapas Terbuka Kendal menurutnya perlu dilakukan setiap hari untuk menjamin keberlangsungan hidup, baik tanaman, ikan maupun hewan ternak.

Terlihat warga binaan Lapas Terbuka Kendal bersemangat melakukan aktivitas di lahan pembinaan, memberi makan ikan dan hewan ternak.

Tidak hanya melaksanakan pembinaan kemandirian, setelah beraktivitas di lahan pembinaan, WBP melaksanakan ibadah sholat dhuhur berjamaah.

“Tujuan dari program pembinaan agar narapidana menyadari kesalahan dan tidak mengulang perbuatan yang melanggar hukum. Selain itu, setelah mendapat bekal keterampilan, mereka dapat kembali ke tengah masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik,” ungkapnya.

Lapas Terbuka Kendal melalui program pembinaannya membentuk kebiasaan yang positif. Diharapkan kebiasaan ini tetap tertanam meskipun warga binaan sudah kembali di tengah keluarga dan masyarakat.

Ning Suparningsih