blank
Prosesi pelantikan 68 ASN oleh Kakanwil Jateng, A. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 68 orang ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng beralih jabatan.

Mereka menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng, Dr A Yuspahruddin di Aula Kresna Basudewa.

Dari 68 ASN yang dilantik, 11 orang diantaranya diberi kepercayaan sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT).

“Pelantikan ini merupakan pelaksanaan atas Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Administrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng,” ungkap Yuspahruddin, Sabtu (29/10/2022).

Kepada mereka yang dilantik, Yuspahruddin mengingatkan untuk bekerja sebaik-baiknya dengan integritas yang tinggi. “Kami berpesan, untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Integritas itu harus dijaga dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

“Jangan pernah ada pungli. Jangan sampai melakukan pungli, integritasnya dijaga. Jangan melanggar HAM, jangan memukul, menyiksa warga binaan. Jangan pernah lakukan itu,” ujarnya.

“Ingat, tidak ada layanan yang berbayar, kecuali memang diatur. Semua layanan harus gratis. Jangan coba-coba untuk menambah penghasilan dari hal-hal yang tidak baik, yang tidak benar, yang dilarang,” imbuhnya.

Ia mewanti-wanti, apabila arahan yang telah diberikan masih juga dilanggar, maka akan ada tindakan tegas.

Kakanwil juga menyampaikan bagaimana cara untuk menjadi efektif dan produktif menurut Stephen Covey. Ada 3 bagian untuk mewujudkan hal itu, yakni berkaitan dengan diri sendiri, interdependensi dengan orang lain dan pembaharuan diri.

“Berkaitan dengan kemandirian diri sendiri, ada tiga yang harus dilakukan, menjadi manusia yang proaktif, kebiasaan untuk memulai segala sesuatu dengan gambaran akhir, dan selalu mendahulukan yang lebih utama (skala prioritas),” katanya.

Yuspahruddin mengatakan, seseorang harus selalu berpikir kemenangan bersama, harus memahami orang lain sebelum berharap dipahami oleh orang lain, dan selalu bersinergi dengan orang lain.

Kakanwil mengajak semua yang hadir untuk selalu mengasah kemampuannya, harus banyak belajar, menambah referensi, membaca dan meningkatkan kompetensi.

Dalam pelantikan disaksikan oleh Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Wishnu Daru Fajar dan Kepala Lapas Kelas I Semarang, Tri Saptono.

Ning Suparningsih