blank
Warga Desa Deras  bekerja bakti membenahi jembatan penghubung yang ambrol diterjang luapan Sungai Tuntang akibat hujan deras pada pekan lalu. Foto: RR Nia

GROBOGAN (SUARABARU. ID) – Jembatan penghubung antardusun di Desa Deras Kecamatan Kedungjati Grobogan ambrol akibat trejangan banjir Sungai Lusi, pekan lalu.

Warga pun melakukan kerja bakti memperbaiki jembatan penghubung antardusun yang ambrol akibat hujan deras ini.

Mereka melakukan kerja bakti dengan suka rela untuk memperbaiki jembatan penghubung yang berlokasi di Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, dengan harapan bisa dipergunakan untuk akses antardusun di Desa Deras.

Menurut Camat Kedungjati, Kuspriyati, Rabu (26/10/2022), jembatan yang mengalami kerusakan atau ambrol akibat hujan deras pada pekan lalu tepatnya berada di Dusun Mundu, Desa Deras, Kecamatan Kedungjati.

Sehari-hari, mayoritas warga yang memanfaatkan jembatan penghubung adalah para pelajar menuju ke sekolahnya.

Agar anak-anak mereka tetap bisa bersekolah, warga melakukan kerja bakti untuk memperbaiki jembatan yang ambrol tersebut.

“Jembatan ini menjadi akses anak sekolah dari Desa Deras ke Desa Padas. Warga kerja bakti semampunya memperbaiki jembatan,” ujar Kuspriyati kepada wartawan.

Kuspriyati menambahkan, jembatan tersebut dibangun swadaya masyarakat. Nantinya, pihak Kecamatan akan mengusulkan pembangunan jembatan ini kepada forum musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrenbang).

“Belum diusulkan, ya nanti pada saat di Musrenbang,” tutur Kuspriyati.

Sementara itu, Perangkat Desa Deras, Hasan Asngari menjelaskan, warga melakukan kerja bakti membenahi jembatan yang ambrol dengan dua tahapan.

Tahap pertama, warga memperbaiki bagian bagian atas jembatan terlebih dulu. Setelah itu, warga memperbaiki bagian bawah yakni pada pembersihan material sampah yang tersumbat di bawah jembatan.

Kerja baktinya sudah dua kali. Tapi yang bawah tidak bisa bersih,” jelas Hasan Asngari.

Ambrolnya jembatan penghubung antardusun di Desa Deras, Kecamatan Kedungjati, membuat warga melakukan kerja bakti memperbaiki akses yang menghubungkan antara Desa Deras dengan Desa Padas tersebut.

Diketahui, jembatan tersebut ambrol setelah hujan deras melanda wilayah tersebut pada pekan lalu. Tidak hanya Desa Deras saja yang terdampak banjir akibat hujan deras pekan lalu.

Beberapa desa di Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan ini turut terdampak banjir, antara lain di Desa Jumo, Padas, Wates dan Ngombak. Banjir tersebut dikarenakan luapan Sungai Tuntang.

Tya Wiedya