blank
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta memimpin rapat membahas pencemaran lingkungan karena tambak udang (Foto: kmf)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tambak udang yang menjadi permasalahan penting terkait dengan pencemaran lingkungan di menjadi permasalahan penting bagi Pemerintah Kabupaten Jepara. Hal ini juga menjadi perhatian dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Karena itu hari Rabu (26/10/2022) diadakan rapat untuk mengkaji permasalahan tersebut di Ruang Command Center Setda Jepara. Rapat dipimpin Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Turut mendampingi Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko serta diikuti beberapa perangkat daerah terkait lainnya.

Menurut Edy sambil menunggu hasil observasi dari Kementrian Lingkungan, nanti diminta OPD terkait untuk  pembinaan disana dengan cara humanis,” kata Edy.

Diharapkan para petinggi desa dapat dikumpulkan untuk dilakukan pembinaan mengenai tambak udang. Langkah ini sebagai bentuk pendekatan secara humanis kepada penduduk setempat.

“Jangan mendirikan tambak terlebih dahulu sebelum ada peraturan yang pasti,” pesan Edy. Pesan tersebut diharapkan dapat tersampaikan saat dilakukan pembinaan. Termasuk juga pembinaan mengenai Online Single Submission (OSS) bagi para pelaku usaha.

Selanjutnya, Edy meminta untuk dilakukan pengecekan data tambak udang yang ada di sana. Termasuk juga pemberian pembinaan tentang tata cara pengelolaan yang harus dilakukan oleh pelaku usaha tambak udang.

“Ajak kembali untuk melakukan pembersihan lingkungan perairan,” ucap orang nomor satu di Jepara tersebut. Ia berharap agar DLH dapat bekerja sengkuyung bersama warga untuk membersihkan lingkungan perairan.

Hadepe