blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat mencoba membatik di SMP Negeri 2 Mojotengah. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 SMP Negeri 2 Mojotengah Wonosobo disemarakan dengan acara “Spendy Creatifity 2022” di komplek sekolah setempat, Desa Candirejo, Rabu (26/10/2022).

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tono Prihatono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Agus Wibowo dan Ketua MKKS SMP Slamet Riyadi.

Kepala SMP Negeri 2 Mojotengah Suminto menyebut kemeriahan dan kesemarakan acara “Spendy Creatifity” merupakan hasil kolaborasi dengan Pemerintah Desa Candirejo dan keluarga besar SMP Negeri 2 Mojotengah.

“Siswa, guru, karyawan, perangkat Desa Candirejo dan masyarakat setempat bersatu padu untuk meramaikan peringatan HUT ke-29 SMP Negeri 2 Mojotengah yang dikemas dengan nuansa seni dan budaya melalui kearifan lokal yang ada,” katanya.

“Spendy Creatifity” ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Bupati Afif Nurhidayat dan diserahkan kepada Kepala SMP Negeri 2 Mojotengah, Suminta. Juga penyerahan siswa oleh Kepala Desa Candirejo kepada pihak sekolah.

Afif Nurhidayat mengapresiasi kolaborasi antara masyarakat dengan pihak sekolah guna memajukan dunia pendidikan. Masyarakat setempat dan warga sekolah bisa bersatu menghelat acara seni dan budaya secara bersama-sama.

blank

Beragam Acara

“Ini merupakan perhelatan yang cukup unik dan sangat kreatif. Warga, guru dan siswa pentas seni bersama. Siswa bisa membuat kreasi batik dan aneka kerajinan tangan yang cukup apik. Karya siswa pun dipamerkan melalui galeri ekonomi kreatif yang bisa dinikmati masyarakat,” tegasnya.

Bahkan orang nomer satu di Wonosobo tersebut sempat turut menari bersama siswa dan guru. Tak segan pula ikut terjun merebut hasil rojo koyo (produk pertanian warga setempat) yang didesain dalam bentuk gunungan di tengah halaman sekolah.

Bupati juga sempat meninjau sejumlah stand karya siswa yang dipajang di beberapa kelas. Stand kerajinan dan ketrampilan siswa tersebut berupa karya kain batik, lukisan, kaligrafi dan aneka kerajinan tangan berbahan bambu dan barang bekas.

Tak ketinggalan, Bupati juga kepincut ikut coba membatik seperti yang dilakukan para siswa. Dia mengaku membatik ternyata cukup sulit dan tidak semua orang bisa melakukan. Batik karya siswa SMP Negeri 2 Mojotengah dinilai sudah cukup baik dan bisa bersaing dengan batik karya pembatik lainnya.

Selain menampilkan apresiasi karya siswa, “Spendy Creatifity” juga diramaikan dengan kirab gunungan dan tumpeng, pisowanan agung, sabda pandito ratun oleh Bupati Afif Nurhidayat, bazar kuliner siswa dan UMKM warga, pentas seni dan budaya serta parade seni musik dan tari.

Ada juga lomba tari siswa SD/MI, bakti sosial pembagian paket sembako dan pakaian pantas pakai, doa bersama dan pelepasan 1000 lampion, pentas musik dan ziarah bersama warga sekolah dengan masyarakat setempat ke makam seorang ulama besar Syekh Quthbuddin di Desa Candirejo.

Muharno Zarka