blank
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas ekonomi Universitas Semarang (USM) melakukan Pendampingan kepada UMKM Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, melalui Pelatihan Perancangan Strategi Branding pada 19 Oktober 2022. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas ekonomi Universitas Semarang (USM) melakukan Pendampingan kepada UMKM Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, melalui Pelatihan Perancangan Strategi Branding pada 19 Oktober 2022.

Tim PkM FE USM diketuai Adhi Pradiptya SE MM, dan anggota Yohanes Suhardjo, SE, MSi, AK CA, Fredericho Mego Sundoro, SE, MEC, DEV, dan Susanto, SE, MM. Kegiatan melibatkan dua Mahasiswi Fakultas Ekonomi USM yaitu Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.

Ketua Tim PkM FE USM, Adhi Pradiptya SE MM mengatakan, tujuan pendampingan antara lain untuk meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM di Kelurahan Peterongan.

Selain itu juga mengatasi lemahnya pengetahuan suatu branding produk UMKM, dan mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, pemerintah dan masyarakat.

”Kami mengoptimalkan pemasaran produk UMKM di Kelurahan Peterongan melalui pelatihan pembuatan suatu branding,” ujarnya.

Pelatihan mendapat respons dari para peserta. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta. Hal itu membuktikan ketertarikan peserta dalam membuat branding suatu produk tersebut.

”Peserta juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan pembuatan brand dalam UMKM. Dalam PKM ini ,mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema serta konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik pembuatan branding serta proses pembuatan produksi untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha pada pelaku UMKM,” ungkapnya.

Muhaimin