blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buncis merupakan salah satu sayuran yang mempunyai harga terjangkau dan mengandung banyak nutrisi. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila memasukkan buncis ke dalam menu sehari-hari.

Dilansir dari Suara.com, apalagi buncis juga bisa diolah menjadi aneka makanan seperti ditumis, direbus atau dikukus. Kemudian dalam buncis mengandung berbagai macam nutrisi seperti sumber serat, folat, magnesium dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, buncis juga kaya akan kandungan mineral seperti mangan, lalu ada kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan zinc. Ada sedikit tips saat membeli buncis yakni dengan memilih yang berwarna terang, dan padat saat ditekan.

Baca Juga: Selain Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil, Empat Manfaat Kecombrang Bagi Kesehatan

Apabila buncis tidak segera diolah, sebaiknya simpan dalam plastik dan masukkan ke dalam lemari pendingin agar nutrisinya tetap terjaga.

Cara paling mudah dalam mengolah buncis adalah dengan merebusnya dalam air garam atau mengukusnya. Dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah empat manfaat buncis untuk kesehatan tubuh.

1. Jaga kesehatan jantung

Adanya kandungan serat dan antioksidan dalam buncis ini juga berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Nasi Dingin

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang rajin mengonsumsi makanan sehat seperti buncis dan kacang-kacangan ini lebih rendah terkena risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Membuat pencernaan sehat

Sayuran buncis juga mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk pencernaan sehat. Hal ini karena bisa membantu merangsang usus dan juga mencegah sembelit. Kemudian buncis juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori dan tinggi serat.

3. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Zat vitamin C pada buncis juga mempunyai peranan sebagai antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas. Sehingga tingkat kekebalan tubuh dapat terjaga dan penting dalam pembentukan kolagen.

4. Baik untuk kesehatan mata

Dalam satu cangkir buncis mentah terdapat sekitar 15 persen vitamin A harian. Adapun manfaat vitamin A ini adalah untuk menjaga kesehatan mata, organ reproduksi, memperkuat imunitas tubuh dan juga bisa mencegah kanker.

Claudia