blank
Ilustrasi Kecombrang. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pernahkan kamu tahu tentang kecombrang? Yap, bagi yang sudah tahu mungkin sudah tidak asing dengan tanaman. Kecombrang sendiri dikenal sebagai sayuran yang memiliki rasa dan aroma yang khas.

Dilansir dari Suara.com, kecombrang sendiri masih satu keluarga dengan jahe. Tapi, berbeda dengan jahe yang sering dijadikan obat herbal. Kecombrang masih dikenal dan sering digunakan dalam berbagai olahan masakan tradisional.

Jika jahe saja bermanfaat kesehatan bagi tubuh, kenapa tidak dengan kecombrang? Ternyata, selain dapat dikonsumsi sebagai sayuran, kecombrang juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Nasi Dingin

Ingin tahu lebih jelas? Berikut penjelasannya yang dilansir dari laman alodokter.com.

1. Mencegah penyakit kronis

Yang pertama cukup menarik, kecombrang dapat mencegah penyakit kronis. Apa saja sih penyakit kronis itu? Penyakit kronis itu biasanya seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, serta penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Kecombrang memiliki senyawa alami, yakni flavonoid dan fenolik. Dan senyawa tersebut bersifat antioksidan, yang dapat mencegah bahaya radikal bebas yang menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit kronis.

2. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Kecombrang bersifat antihiperglikemik yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat serta gula di usus. Sehingga, resiko terjadi lonjakan gula darah setelah makan dapat dihindari.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Pencernaan, Lima Manfaat Cincau Hijau

3. Mencegah hiperurisemia

Pernah mendengar istilah hiperurisemia? Ya, hiperurisemia merupakan istilah medis yang berarti tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Kecombrang mengandung senyawa alami seperti flavonoid, polifenol, dan saponin, yang dapat mengontrol produksi asam urat berlebih.

4. Mencegah peradangan

Selain kadar gula darah yang bisa dijaga, kecombrang juga bermanfaat dalam mencegah peradangan. Kecombrang sendiri mengandung senyawa alami seperti terpenoid dan flavonoid.

Dimana kedua senyawa tersebut bersifat anti inflamasi yang bisa menghambat kerja enzim pemicu peradangan.

Ya, itulah tadi sejumlah manfaat kecombrang bagi kesehatan tubuh. Guna mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu bisa mengolah kecombrang menjadi berbagai masakan.

Tapi ingat, olahlah makanan dengan cara yang sehat ya, seperti menghindari makanan berlemak, berminyak, serta mengandung banyak garam.

Claudia