blank
Sri Syamsiah memberikan materi pelatihan penulisan berita kepada Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang (19/10).

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang terdiri atas dosen Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Penulisan Berita pada siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 (Smamsa) Semarang pada Rabu (19/10/2022) di Ruang Wakil Kepala Sekolah Smamsa Semarang.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Hilda Rahmah SPd MA, dan anggota Kharisma Ayu Febriana MIKom, serta Sri Syamsiah Lestari MSi.

Ketua PkM USM, Hilda Rahmah mengatakan, tujuan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis berita kepada peserta didik SMA Muhammadiyah 01 Semarang.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis berita kepada peserta didik SMA Muhammadiyah 01 Semarang, khususnya yang menjadi anggota ekstrakurikuler jurnalistik, agar mampu mengunggah tulisanya di majalah dinding sekolah maupun di media massa,” katanya.

Sementara itu, Kharisma menjelaskan, pelatihan menulis berita dilakukan karena masih minimnya pengetahuan para siswa mengenal jurnalistik.

”Pelatihan menulis berita ini dilakukan, karena minimnya pengetahuan dan keterampilan menulis siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang.

Hal ini antara lain dikarenakan masih sangat terbatasnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang jurnalistik,” jelas Kharisma.

Sri Syamsiah berharap, kegiatan tersebut bisa mendorong dan membantu sekolah untuk menghasilkan dan mengelola majalah sekolah

.”Pelatihan penulisan berita menjadi sarana untuk mewujudkan harapan tersebut. Selain itu kami berharap, kegiatan ini bisa mendorong dan membantu sekolah untuk menghasilkan dan mengelola majalah sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepada Sekolah Smamsa Semarang, Aezun SPd mengungkapkan, pihaknya sangat senang dengan adanya pelatihan penulisan berita kepada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik.

”Alhamdulillah, saya sangat senang dengan adanya pelatihan ini karena kebetulan ekstrakurikuler jurnalistik Smamsa Semarang ini baru saja terbentuk saat pandemi. Kami berharap, setelah ini Smamsa Semarang mencetak sejarah dengan memiliki majalah ”ungkap Aezun.

Muhaimin