blank
PESERTA PEMILU - Rapat koordinasi dan sosialisasi verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu di Covention Hall Bahari Inn. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 17 Partai Politik (Parpol) di Kota Tegal telah menyerahkan berkas administrasi perbaikan. Untuk lolos sebagai peserta pemilu 2024, parpol tersebut masih ada tahapan untuk verifikasi.

Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Lies Herawati menyampaikan, dari 21 Parpol yang terdata di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Kota Tegal, hanya 17 yang menyerahkan berkas administrasi perbaikan. Namun, kata Lies, itu bukan merupakan patokan untuk menentukan mereka memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2024.

“Karena ada tahapan verifikasi administrasi perbaikan. Kita sudah melakukan itu dan saat ini kita menunggu hasilnya dari KPU RI,” kata Lies saat acara Rapat koordinasi dan sosialisasi verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu di Covention Hall Hotel Bahari Inn, Jumat (14/10/2022).

Jika sudah ada pengumuman terkait parpol mana saja yang akan dilakukan verifikasi faktual (verfak), maka pihaknya bakal segera melaksanakan. Adapun pelaksanaannya mulai 15 Oktober 2022 ini. “Kami masih menunggu dan belum bisa memberikan keterangan terkait berapa parpol yang akan dilakukan verfak,” terang Lies.

Dalam verfak nantinya memurut Lies ada dua hal, yakni verifikasi kepengurusan yang akan dilaksanakan pada 15-17 Oktober 2022 dengan mendatangi kantor parpol. “Mereka kita minta untuk menghadirkan Ketua Sekretaris dan Bendahara. Kemudian kita juga akan verifikasi keterwakilan perempuan serta alamat kantor mereka,” ungkapnya.

Sedangkan untuk keanggotaan, ujar Lies, pihaknya akan turun sesuai dengan alamat anggota parpol yang ada di Sipol yang akan diverfak. Kalau dulu, hanya 10 persen, maka di pemilu 2024 banyak yang akan di sampel. “Untuk verfak ini, kita tidak merekrut tim dari luar. Terkait dengan pemeriksaan kita akan undang parpol,” ujarnya.

Verfak dilakukan hanya bagi parpol yang tidak memenuhi parlemen tresshold dan Partai baru. Sementara, untuk 9 parpol yang lolos di Parlemen tidak dan hanya sampai tahap verifikasi administrasi.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni saat memberikan sambutan dalam acara rakor mengatakan kegiatan yang digelar merupakan rangkaian proses pendaftaran dan verifikasi administrasi serta faktual sampai nanti ditentukan Peserta Pemilu 2024. Pihaknya, berharap semua Partai politik akan dinyatakan memenuhi syarat.

“Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan verifikasi faktual. Kita tentu berharap agar semuanya bisa memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2024,” harap Evi.

Sutrisno