blank
Kepala Perwakilan BI Jateng, Rahmat Dwisaputra (kanan), berbincang akrab dengan Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, menerima dengan hangat audiensi yang dilakukan PWI Provinsi Jateng. Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor BI, Jalan Imam Bardjo SH, Semarang, Rabu (12/10/2022), disepakati beberapa hal penting.

Menurut Rahmat, media memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tugas Bank Indonesia, sebagai bank sentral. Salah satunya dalam pengendalian inflasi. ”Media memiliki peran dalam mengarahkan opini publik atau masyarakat, melalui pemberitaan,” tuturnya.

Media dinilainya berperan besar dalam mempengaruhi opini masyarakat, agar tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan, sehingga inflasi bisa lebih terjaga. Selain itu, media juga ikut berperan dalam menjaga ekspektasi masyarakat yang positif, terhadap perekonomian ke depan.

BACA JUGA: SKPP Jateng Bentuk Forum Komunitas Digital Awasi Pemilu 2024

blank
Jajaran BI berfoto bersama anggota PWI Jateng, usai audiensi yang dilakukan di Kantor BI, Rabu (12/10/2022). Foto: riyan

Sementara itu, Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, menyampaikan keinginannya untuk bisa bersinergi dalam berbagai program kegiatan, menyangkut peningkatan kualitas SDM wartawan.

Salah satu program itu adalah penyelenggaraan UKW, yang menjadi program utama Bidang Pendidikan PWI Jateng. Sebelumnya, PWI Jateng menyelenggarakan UKW bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti dengan PT Semen Gresik, SKK Migas Jabanusa, Diskominfo Provinsi Jateng dan Dewan Pers.

”Dalam UKW itu, juga bisa diisi semacam workshop bagi wartawan, tentang tugas-tugas Bank Indonesia,” imbuh Amir.

BACA JUGA: Sebelum Longsor dan Banjir di Lereng Bukit Menoreh, Terdengar Suara Gemuruh dan Ada Getaran

Bersamaan dengan itu, PWI Jateng juga mengajak BI untuk ikut serta dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, salah satunya seminar tentang UMKM.

”Peringatan HPN 2023 Tingkat Provinsi Jateng akan dipusatkan di Semarang. Silakan Bank Indonesia bisa ikut dalam kegiatan ini, seperti salah satunya ada seminar tentang UMKM,” harap Amir.

Disampaikan juga, HPN 2023 di Jateng, mengambil tema ‘Goes to Campus’, yang terdiri dari berbagai kegiatan, seperti dialog empat rektor, dialog pers edukatif menuju tahun politik 2024, seminar UMKM, dialog kebangsaan dan beberapa kegiatan lainnya.

Riyan