blank
Ilustrasi penggunaan laptop. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Di era yang serba menggunakan barang digital ini kehadiran laptop merupakan suatu hal yang lumrah dimiliki oleh setiap orang.

Pasalnya, hampir setiap aktivitas pekerjaan maupun hobi yang digeluti memerlukan performa laptop sebagai alat pendukung hobi. Salah satunya, hobi bermain game online.

Dilansir dari Suara.com namun, tidak jarang seseorang kurang mengetahui cara untuk merawat laptop. Sehingga tindakan yang seharusnya tidak dilakukan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan dini pada laptop.

Baca Juga: Tujuh Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ceker Ayam

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kerusakan dini pada laptop yang Anda miliki. Simaklah beberapa tips merawat laptop, berikut ini.

1. Lakukan Pembersihan Laptop Secara Rutin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembersihan laptop secara rutin. Mulailah dari hal sederhana, seperti membersihkan bagian luar laptop. Meski terlihat sederhana, banyak pemilik laptop yang enggan menjaga kebersihan laptopnya.

Lebih dari itu, jika diperlukan lakukan pembersihan pada beberapa bagian dalam laptop.

2. Jangan Gunakan Laptop Hingga Daya Baterai 0 persen

Para pengguna laptop sering mengabaikan notifikasi yang muncul ketika kapasitas baterai laptop sudah berada di bawah 10 persen.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Padahal, hal ini bisa berdampak kurang baik bagi daya tahan baterai itu sendiri. Mengingat setiap baterai laptop memiliki daya tahan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kerusakan dini pada baterai laptop, alangkah lebih baiknya ketika notifikasi pengingat baterai muncul segeralah melakukan charger. Jangan menunggu sampai 0 persen, ya.

3. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur

Nah, kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna laptop adalah mengoperasikan laptop di kasur. Secara tidak langsung, aktivitas ini dapat membuat laptop cepat panas, karena lubang ventilasi pada laptop menjadi tertutup.

4. Jangan Melakukan Charger Seharian

Nah, terakhir hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan melakukan charger seharian pada laptop. Hal ini bisa menjadikan laptop Anda menjadi lebih panas, akibat pengisian daya yang terlalu berlebihan. Tentunya, dengan pengisian daya yang berlebihan ini bisa berdampak buruk pada laptop yang Anda miliki.

Claudia