blank
Ilustrasi ceker aya. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Salah satu tantangan saat mengolah ceker ayam adalah membuatnya empuk dan menghilangkan bau amisnya.

Bagaimana cara agar ceker ayam tak berbau amis? Tentu saja ini merupakan perkara mudah jika kamu mengetahui caranya.

Dilansir dari Suara.com, supaya mendapatkan olahan ceker ayam yang sempurna tanpa bau amis sedikitpun, ikuti tips berikut, yuk!

Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ceker Ayam

1. Pilih ceker ayam yang masih segar

Memilih ceker ayam yang segar menjadi kunci untuk mengolahnya menjadi tidak amis dan bau. Kamu bisa mengetahui ceker yang segar dari warna, bau, dan teksturnya. Pilihlah ceker dengan warna putih segar sedikit merah, tidak berbau amis, dan tekstur yang tidak berlendir.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

2. Bersihkan dengan benar

Langkah pertama untuk membersihkan ceker ayam adalah memotong bagian kukunya. Tahapan ini sangat penting, mengingat ayam menggaruk tanah dengan kuku sehingga mungkin ada yang kotoran tersisa.

Cuci ceker ayam dengan air mengalir dan pastikan semua bagiannya bersih. Selanjutnya, bersihkan kulit yang menempel pada ceker ayam. Jika kesulitan, rendam dengan air mendidih sebentar.

3. Keringkan ceker ayam

Supaya air cucian tidak tersisa saat akan direbus, keringkan ceker yang sudah dicuci dengan tisu khusus makanan atau paper towel.

4. Tambahkan jeruk nipis atau cuka

Jika kamu tidak mempermasalahkan sedikit rasa jeruk nipis atau cuka, tambahkan sedikit pada ceker ayam sebelum direbus. Setelah itu, diamkan sebelum lima menit kemudian cuci kembali dengan air mengalir.

Baca Juga:Empat Tips Berlibur ke Pantai Sendirian Dengan Aman dan Nyaman

5. Durasi memasak

Kamu bisa memasak ceker ayam dengan dua cara berbeda, yakni menggunakan panci biasa dan panci presto. Jika diolah dengan panci presto, ceker cukup direbus selama 10 menit. Lebih dari itu, ceker justru akan hancur. Sementara, memasak dengan panci biasa dibutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar satu jam.

6. Buang air rebusan pertama

Jika masih mencium bau amis yang menyengat saat ceker direbus, buanglah air rebusan pada 30 menit pertama. Air rebusan ini juga sebenarnya akan membuat olahan ceker mengental lebih cepat karena banyaknya kolagen. Jadi, jika tidak suka kuah kental, buanglah air rebusan pertama.

7. Gunakan rempah-rempah

Rempah-rempah menjadi kunci ampuh untuk menghilangkan bau amis pada olahan ceker. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan cacahan halus bawang putih, daun jeruk sereh, jahe, dan tentunya lengkap dengan garam.

Demikian informasi mengenai cara agar ceker ayam tak berbau amis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Claudia