blank

Oleh : Dewi Astutik,S.Pd

Sepenting apa kepercayaan diri perlu Anda miliki? Mungkin ini pertanyaan yang sering melintas di kepala Anda. Faktanya, kepercayaan diri itu penting karena hidup Anda sedikit banyak ditentukan sebesar apa kepercayaan diri Anda.

Hal ini sama seperti yang pernah dikatakan Mandy Hale dalam bukunya, “You will never gain anyone’s approval by begging for it. When you stand confident in your own worth, respect follows.” Secara bebas bisa diartikan, Anda tidak perlu mendapatkan persetujuan dari siapa pun tentang diri Anda. Tetapi, ketika Anda berdiri dengan percaya diri dan dengan harga diri Anda sendiri, maka rasa hormat dari orang lain akan datang dengan sendirinya.

Pengertian kepercayaan diri

Kepercayaan diri juga bisa diartikan sebagai suatu sikap disertai penilaian atas kemampuan diri sendiri yang didasari dari pencapaian yang telah berhasil dilakukan sehingga memiliki kemampuan lebih dalam menilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Orang yang percaya diri mampu mendorong dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya

Tips untuk menumbuhkan percaya diri

Berfikir positif

Kunci utama dari segala peluang adalah mengenali potensi diri. Dengan mengenali kelebihan yang dimiliki menjadikan tahu tujuan hidup dan sadar potensi lain yang perlu dikembangkan. Sekalipun menghadapi masa-masa sulit, ingatlah bahwa diri ini merupakan pribadi yang unik, spesial, berharga, dan kamu pantas untuk meraih kebahagiaan atau keberhasilan.

Mengenal diri sendiri sebagai langkah awal meningkatkan kepercayaan diri
mengetahui hal-hal yang menjadi keterbatasan, baik yang berasal dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar.  Mengetahui dan mengakui keterbatasan diri adalah bagian penting dari pendewasaan.

Bayangkan pencapaian dan keberhasilan

Dengan membayangkan dan yakin atas keberhasilan–meski itu belum terjadi, seseorang bisa menjadi terbiasa sehingga membawa kebiasaan baru. Kebiasaan untuk membangun optimisme bisa melakukan sesuatu.

Lakukan   hobi
Cari dan lakukan hobi yang sekiranya bisa membuat tenang dan membantu mengekspresikan emosi. Misalnya ikut kelas yoga, les musik, atau kegiatan seni lainnya. Dengan begitu bisa melepas stres, bahkan meningkatkan kepuasan terhadap diri sendiri ketika bisa melakukan sesuatu hal baru

Jadilah berani
Kesadaran seseorang akan rendahnya kepercayaan diri berpotensi semakin menurunkan kepercayaan diri. Mengatasi itu, Anda tak perlu ragu ambil tindakan proaktif. Kalau merasa sulit untuk percaya diri, jadilah berani. Sebab menjadi berani dan tak malu-malu adalah solusi meningkatkan kepercayaan diri.

Bersikap ramah pada orang sekitar

Tips terakhir ini sederhana tapi kadang kita suka mengabaikannya yaitu bersikap ramah lah kepada siapapun karena hanya dengan bersikap ramah pada orang lain, kamu akan semakin mudah mendapatkan teman dan mendapatkan perlakuan yang sama seperti apa yang kamu lakukan ke orang-orang tersebut.

Dengan melakukan 5S yaitu senyum, sapa, salam dan bersikap sopan, santun maka seiring berjalannya waktu kamu akan dihargai dan kepercayaan dirimu akan meningkat juga, Jangan lupa untuk selalu berkata tolong saat meminta bantuan, maaf jika berbuat salah, dan terima kasih ketika mereka membantumu.

Demikian pembahasan tentang tips untuk menumbuhkan kepercayaan diri semoga bermanfaat.

Penulis adalah guru MA Darul Ulum, Donorojo, Jepara