blank
Emas batangan, logam mulia Antam, yang harganya kini melonjak tinggi. Foto: Website Logam Mulia

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Harga emas hari ini (05/10/22) mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Dilansir dari website Logam Mulia, harga emas hari ini naik Rp 7.000 per gram dan sekarang berada di level Rp 962.000 per gramnya.

Untuk harga emas terkecil, yaitu 0,5 gram dijual dengan harga Rp 531.000. Harga emas 10 gram dijual seharga Rp 9.115.000, sedangkan untuk emas yang paling besar yaitu 1 kilogram dijual dengan harga Rp 902.600.000.

Sesuai dengan PMK No. 34/PMK 10/2017, pembelian emas batangan akan dikenakan PPh 22 sebesar 0,9%. Artinya, jika ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, sebesar 0,45%, harus menyertakan nomor NPWP untuk transaksinya.

Kenaikan harga pada emas ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitupermintaan emas yang semakin meningkat karena terjadinya penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Apabila nilai tukar uang rupiah jatuh terhadap dolar Amerika, maka harga emas di Indonesia akan semakin mahal dan berlaku sebaliknya.

Kemudian nilai inflasi, pelaku pasar cenderung akan mencari aset yang sekiranya dapat mengamankan dan melindungi nilai kekayaannya. Selanjutnya, ketidakpastian kondisi global.

Dikabarkan, 2023 Indonesia akan mengalami resesi (melemahnya perekonomian dua kuartal berturut-turut), maka dari itu emas menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menyimpan uang dalam bentuk lain di luar dari investasi.

Mari berikan perhatian lebih pada dunia investasi dan keuangan sehingga apa pun yang terjadi, kita tetap memiliki daya beli yang cukup untuk sehari-hari.

Hannah Choirin Amalia