blank

JEPARA(SUARABARU.ID)-Cenderung diam, sepintas, tidak ada yang menonjol dalam diri Ahmad Almajidur Rizqi. Tapi saat mendongeng, Rizqi yang awalnya lugu, seketika menjadi begitu ekspresif. Caranya bercerita penuh dengan penghayatan. Tak heran, Rizqi menyapu bersih dua gelar juara dalam lomba bercerita yang telah dia ikuti. Keduanya sama-sama berbahasa Jawa.

“Senang sekali, tidak menyangka juara lagi. Apalagi lomba yang di museum itu saingannya bagus-bagus,” kata Rizqi, saat diwawancarai di sekolahnya, SDN 8 Suwawal, Kecamatan Mlonggo, pada Rabu (5/10/2022).

blank
Penampilan Rizqi dalam lomba bercerita bahasa Jawa dialek jeparanan di Meseum R.A. Kartini Jepara

Lomba di museum yang dimaksud Rizqi, adalah Lomba Bercerita Bahasa Jawa Dialek Jeparanan jenjang SD. Kompetisi tingkat kabupaten itu diselenggarakan oleh pengelola Museum R.A. Kartini Jepara pada Selasa (24/10/2022). Dalam kegiatan itu, Rizqi menjadi juara 1.

Sehari sebelumnya Rizqi juga menjadi juara 1 dalam kopetisi berbeda, yaitu seleksi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tahun 2022 tingkat Kecamatan Mlonggo. Turun dalam cabang lomba mendongeng, Rizqi dinobatkan sebagai juara I putra. Selanjutnya dia akan mewakili Kecamatan Mlonggo maju ke FTBI tingkat Kabupaten Jepara, pekan depan.

“Semoga tidak (grogi) lagi,” kata Rizqi saat ditanya kesiapannya maju ke lanjutan lomba mendongeng FTBI tingkat kabupaten Jepara. Anak yang mengaku belum memiliki cita-cita khusus ini berharap bisa kembali juara, agar mewakili Jepara ke tingkat provinsi. Dia ingin membuat kedua orang tuanya semakin bahagia.

“Soalnya Bapak dan Ibu senang sekali saya juara terus,” cerita siswa kelahiran Jepara, 30 Maret 2012.

Ahmad Almajidur Rizqi, adalah anak tunggal pasangan Nur Wahid dan Riris Nur Hidayah, warga RT 6 RW 4 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo. Sebagaimana umumnya warga Jepara, ayahnya bekerja sebagai tukang kayu. Sedangkan ibunya, ibu rumah tangga.

Saat ini Rizqi tercatat sebagai siswa kelas 5 di SDN 8 Suwawal. Kepala SDN 8 Suwawal Rina Rochiana melalui guru kelas V, Azizul Khaeriroh menyebut, di kelas Rizki memang cenderung diam. Namun sifatnya penurut. Sekolah awalnya memilih siswa maju ke lomba pidato Mapsi tahun 2022 berdasarkan karakter suara. Rizqi terpilih karena suaranya lantang dan punya karakter khusus. Meski di Mapsi belum berhasil, Rizqi tetap dipilih maju ke lomba mendongeng dan bercerita bahasa Jawa.

“Karena anaknya menurut saat dibimbing,” kata Azizul.

blank
Ahmad Almajidur Rizqi (dua dari kanan) bersama Adeulya Syifa Ayuwandria, kepala sekolah, dam guru-gurunya.

Akhirnya Rizqi membuktikan mampu membawa nama baik sekolah dalam dua lomba berbeda. Keberhasilan Rizqi di lomba mendongeng FBTI tingkat kecamatan dan Lomba Bercerita Bahasa Jawa Dialek Jeparanan tingkat kabupaten melengkapi kebanggaan sekolah atas prestasi lain yang dalam dua minggu ini banyak diraih siswanya.

Pada lomba mendongeng FTBI tingkat Kecaman Mlonggo, siswa kelas VI Adeulya Syifa Ayuwandria, menjadi juara 2 kategori putri. Sementara V Muhammad Akmal Ardi Maulana, menjadi juara 3 maca gurit putra.

Sebelumnya, pada Mapsi tahun 2022 tingkat Kabupaten Jepara, siswa lain kelas 6, Sukma Ayu Dewi Lestari terpilih mewakili Jepara maju ke tingkat Jawa Tengah setelah menjadi juara 1 macapat Islami. SDN 8 Suwawal sangat berharap Sukma menang di tingkat Jawa Tengah karena sudah aktif menjadi sinden.

Sedangkan siswa lain, M. Arkham Maulana (kelas 6), ikut memperkuat tim voli SD Kecamatan Mlonggo menjadi juara 1 cabang bola voli putra Popda SD Kabupaten Jepara tahun 2022.

Hadepe