blank
Prajurit TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri, melakukan gerakan penanaman penghijauan bersama warga masyarakat dan Pramuka. Ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT Ke-77 TNI dan HUT Ke-72 Kodam IV Diponegoro.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-77 dan HUT Kodam IV/Diponegoro Ke-72 Tahun 2022, jajaran TNI di Kodim 0728/Wonogiri menggelar gerakan penanaman penghijauan dan kerja bakti bersama warga masyarakat.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) Pelda Indra, menyatakan, gerakan penghijauan dipusatkan di dua kecamatan. Yakni di Kecamatan Wonogiri tepatnya di lapangan Dusun Keron, Kelurahan Wuryorejo, dan di Desa Gemantar Kecamatan Selogiri.

Dalam gerakan penanaman bibit pohon penghijauan tersebut, juga melibatkan para warga masyarakat dan para anggota Pramuka Penegak dari SMK Pancasila 1 Wonogiri. Jenis bibit yang ditanam, adalah pohon produktif buah-buahan.

Mewakili Dandim 0728/Wonogiri, Pasiter Kodim 0728/Wonogiri Kapten (Inf) Eko Budi Santoso, menyebutkan, bibit jenis buah-buahan yang ditanam terdiri atas bibit durian, alpukat, jambu dan mangga.

Konservasi Lahan

Harapannya, pohon penghijauan produktif jenis buah-buahan, dapat hidup lestari dan tidak ditebang karena buahnya dapat dinikmati warga masyarakat.

Bersamaan itu, jajaran TNI Kodim 0728/Wonogiri juga mengadakan kerja bakti membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum. Pasiter Kapten (Inf) Eko Budi Santoso, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Pramuka dan warga masyarakat yang telah mendukung suksesnya kegiatan.

Kepada warga masyarakat dan generasi muda, diserukan untuk membudayakan gerakan penanaman pohon penghijauan, demi menjaga kelestarian dan kesuburan tanah, serta untuk konservasi lahan.

Bambang Pur