blank
Tim KKN IAIN Kudus bersama Karang Taruna ( Foto: Tiara )

KUDUS (SUARABARU.ID)  – Banyaknya lahan kosong di lingkungan desa Karangmalang Kecamatan Gebog dimanfaatkan, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus  dengan melakukan penanaman bibit buah dan pohon penghijauan.

Bekerjasama dengan Persemaian Permanen BPDASHL Pemali Jratun, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus  ini mendapatkan amanah bibit pohon yang banyak untuk ditanam di lahan kosong di desa Karangmalang. Selain pemanfaatan lahan kosong, kegiatan ini juga didasari dengan kesadaran diri terhadap lingkungan sekitar betapa pentingnya pohon dalam menyelamatkan lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad (02/10) ini bekerjasama dengan Karang Taruna Kusuma Bangsa desa Karangmalang. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiwa KKN-IK IAIN Kudus  dan anggota Karang Taruna ini disambut hangat oleh  masyarakat sekitar.

Hal ini menggambarkan betapa perlunya kesadaran terhadap lingkungan itu tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua saja tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh elemen yang ada di lingkungan tersebut.

blank
Pengambilan bibit di Persemaian Permanen BPDASHL Pemali Jratun Bangsri ( Foto: Tiara)

Penanaman ini dilakukan di beberapa titik lahan kosong yang disebar diseluruh desa Karangmalang sehingga lahan kosong yang ada di desa Karangmalang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus dan Karang Taruna untuk penanaman bibit pohon yang sudah ada. Adapun bibit yang ditanam adalah sengon, trembesi dan beberapa bibit buah-buahan.

Rohman Karim selaku ketua Karang Taruna Kusuma Bangsa mengatakan kegiatan ini harus tetap dilestarikan.  “Anak-anak muda sekarang kesadarannya masih kurang terhadap lingkungan sekitar. Ini  menjadi sebuah PR besar bagi kita para tokoh-tokoh pemuda untuk mampu membangkitkan semangat dan kesadaran terhadap lingkungan”. Ujarnya.

Umdahtun N’mah salah satu mahasiswa prodi Tadris IPA yang sedang menjalankan KKN di desa Karangmalang mengatakan, penanaman bibit pohon ini mempunyai banyak manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat. Penanaman pohon bisa mengurangi dampakpemanasan global dan juga membuat udara sekitar menjadi leih sehat dan segar”

“Harapan kedepan semoga bibit-bibit pohon yang sudah kita tanam bersama anggota Karang Taruna di desa Karangmalang ini dapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi masyarakat desa Karangmalang dan untuk generasi mendatang” ucap Muhammad Taufik selaku Kordes KKN-IK IAIN KUDUS desa Karangmalang

Hadepe –  Tiara Shiffany