blank
Penyerahan bibit secara simbolis (Foto: Tim KKN)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus tahun 2022 di Desa Jinggotan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara melaksanakan program penghijauan dengan memberikan 1000 bibit kepada masyarakat desa Jinggotan.

Program ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama merupakan pemberian 100 bibit kepada Ketua RT 01/RW 05 dan dilanjutkan dengan penanaman bibit. Kegiatan penanaman ini secara simbolis dilaksanakan bersama ketua RT 01/RW 05 beserta warganya dengan menanam 2  bibit pohon di sepanjang jalan wilayah RT 01/RW 05 Desa Jinggotan.

Tahap kedua, yaitu pembagian bibit yang disebarkan kepada masyarakat Desa Jinggotan melalui ketua RW masing-masing. Tiap RW menerima 140 bibit yang nantinya akan diberikan kepada warganya.

Selain untuk melaksanakan program kerja, kegiatan penghijauan ini sebagai bukti kepedulian mahasiswa terhadap pentingnya penghijauan di lingkungan sekitar. Dengan penanaman pohon, lingkungan akan terlihat lebih asri. Hal yang tidak kalah penting adalah dengan adanya gerakan penghijauan atau penanaman pohon ini, artinya kita memberikan sumbangsih terhadap upaya mengurangi dampak dari pemanasan global.

Saat melakukan penanaman bibit secara simbolis, mahasiswa dibantu oleh ketua RT 01/RW 05 dan warga sekitar. Mulai dari penentuan lokasi, pembagian, hingga penanaman bibit.

Ketua RW 05 Desa Jinggotan mengatakan  program penghijauan yang dilakukan oleh anak-anak KKN ini sangat bagus karena sangat bermanfaat untuk masyarakat pastinya dan kami ucapkan terimakasih kepada anak-anak KKN.

Hadepe – Ernita – Rizal