blank
Museum Ambarawa. Foto: Dok/Humas KA Pariwisata

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Indonesian Railway Museum menyediakan 38 perjalanan istimewa bersama locomotive diesel bintage reguler relasi Ambarawa-Tuntang (PP) selama bulan Oktober 2022.

Humas PT KA Pariwisata, M. Ilud Siregar menyampaikan, terhitung di masa weekend hari Sabtu dan Minggu mulai tanggal 1 hingga 30 Oktober 2022, Indonesian Railway Museum Ambarawa menyediakan perjalanan kereta wisata reguler dengan menggunakan locomotive diesel vintage.

”Dalam perharinya ada kurang lebih 4 perjalanan kereta wisata reguler dengan jam keberangkatan pukul 09.30 WIB, 11.00 WIB,13.00 WIB dan keberangkatan terakhir 14.30 WIB relasi Ambarawa-Tuntang (PP), kecuali hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022 hanya ada 2 perjalanan dengan keberangkatan pukul 09.30 WIB, dan pukul 11.00 WIB,” ungkap Ilud, Jumat (30/9/2022).

Menurut Ilud, pengecualian tersebut disebabkan adanya kegiatan dan perawatan kereta wisata.

Sementara untuk harga tiket KA Wisata Reguler adalah Rp 100.000,-/orang dimana pembelian bisa dilakukan mulai jam 8 pagi langsung on the spot di museum pada hari keberangkatan.

Ilud mengatakan, selain perjalanan kereta wisata reguler juga bisa menerima perjalanan kereta wisata dengan pola charter atau sewa, baik menggunakan locomotive diesel vintage maupun dengan locomotive uap, terutama di hari-hari weekday maupun weekend.

Ilud menyebut, para pengunjung yang ingin menggunakan kereta wisata di Indonesian Railway Museum Ambarawa wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami juga telah menata tempat wisata Indonesian Railway Museum Ambarawa bagi kunjungan wisata, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung, diantaranya dengan memastikan seluruh pekerja dan mitra Indonesian Railway Museum Ambarawa telah melaksanakan vaksin, memasang spanduk dan flyer sosialisasi persyaratan kunjungan di Indonesian Railway Museum Ambarawa, mengevaluasi alur pelayanan, dan menyiapkan tenaga security di gerbang pintu masuk,” jelas Ilud.

Ilud berharap perjalanan kereta wisata di Indonesian Railway Museum Ambarawa bisa menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati wisata di Indonesian Railway Museum Ambarawa dengan nyaman, serta menambah pengalaman dan edukasi tentang sejarah kereta wisata di Indonesia.

Ning Suparningsih