blank

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Semarang menyelenggarakan bimbingan teknis penguatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Acara yang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi (FE) Unissula dilaksanakan dalam rangka pengembangan kualitas pengelolaan dan SDM BUMDes di wilayah Kabupaten Semarang.

Bimbingan teknis diikuti oleh pengelola BUMDesa se eks Kawedanan Kecamatan Tengaran, Tuntang, Ambarawa, Bergas. Tampil sebagai narasumber tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Unissula.  Mereka adalah Provita Wijayanti SE MSi, Muthoharoh SE MSc, Dr.Luluk Muhimatul Ifada SE MSi, Khoirul Fuad SE MSi, dan Dr Winarsih SE MSi. Kegiatan Bimtek BUMDes ini dilaksanakan dalam beberapa pertemuan pada bulan Agustus dan September 2022.

Provita Wijayanti menyatakan dengan keikutsertaan mereka dalam bimbingan teknis ini diharapkan pengelola BUMDes mengalami peningkatan keterampilan. “Hal itu senada dengan harapan kami maupun dari Pemkab Semarang, agar masyarakat memiliki strategi baru dan dapat mencapai tujuan dalam mendirikan dan mengembangkan BUMDes di masing-masing wilayah untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Tim dosen Fakultas Ekonomi juga memaparkan berbagai materi mengenai literasi keuangan. Khususnya penyusunan laporan semester dan tahunan yang wajib dibuat BUMDes. “Pengelola BUMDes harus terus belajar mengenai tata kelola BUMDes baik dalam aspek kelembagaan dan keuangannya,” pungkas Provita yang juga ketua tim pengabdian Fakultas Ekonomi Unissula tersebut.