blank
Grace Maretta AZ SPsi MPsi menyampaikan materi dalam

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Semarang (USM) melaksanakan salah satu program kerja tahunan mereka “Psychoforia”.

Kegiatan psicoforia’22 ini terdiri atas seminar regional dengan tema ”Body Language and Micro – expression : How to Analyze People and Find Meanings from Body Language and Micro – expression” dan Musik dari Band Padipi.

Kegiatan yang dihadiri 200 peserta itu dilaksanakan di Auditorium Ir Widjatmoko Universitas Semarang.
Acara ini dibuka Wakil Dekan Fakultas Psikologi Dr Erwin Erlangga SPd MPd.

“Acara ini bersifat promotif dan bertujuan mempromosikan Fakultas Psikologi Universitas Semarang kepada masyarakat diluar sana, dengan sasaran utama para pelajar yang duduk di jenjang SMA/K/MA,”ungkap Erwin.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Grace Maretta AZ SPsi MPsi Psikolog yang berprofesi sebagai seorang Psikolog Klinis, Content Creator dan juga Founder dari @mudahnyaman.

”Untuk memahami bahasa tubuh dan ekspresi mikro seseorang, ada beberapa hal dasar yang sudah seharusnya kita pahami terlebih dahulu, salah satunya adalah mengenali diri sendiri, dan juga memahami atau mengenali emosi yang ada. Sebab bila kita sudah bisa memahami diri kita sendiri hal itu akan memunculkan rasa peka dan juga empati dalam diri sehingga kita bisa dengan mudah memahami bahasa tubuh seseorang,”

Bahasa tubuh, katanya, merupakan suatu perilaku yang terjadi secara tiba tiba. Sama halnya dengan bahasa tubuh, cara untuk memahami ekspresi mikro yang dikeluarkan oleh seseorang adalah dengan cara memahami dan mengenali emosi.

”Karena dengan cara itu kita bisa dengan cepat mengerti dan memahami arti dari perubahan ekspresi wajah seseorang yang terjadi hanya sepersekian detik,” kata Grace.

Ketua pelaksana, Putri Pradita Wardani mengatakan, kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang promosi bagi fakultas, namun juga menambah pengetahuan terkait dengan bahasa tubuh dan mikro ekspresi.

”Ketika kita dapat memahami bahasa tubuh dan mikro ekspresi seseorang hal ini akan sangat berguna bagi kita dalam bersosialisasi baik di dalam lingkup pertemanan, perkuliahan, maupun di dalam dunia pekerjaan, dan menurut saya hal ini juga salah satu dari soft skill yang harus kita miliki untuk menambah nilai plus dalam diri kita di mata orang orang” ujarnya.

Dia berterima kasih kepada peserta dan juga narasumber yang sudah mendukung dan menyukseskan acara ini.

Dia berharap, para peserta yang hadir mendapat pengetahuan yang bermanfaat.

”Semoga kita dapat bertemu kembali di kesempatan yang akan datang,”ucapnya.

Muhaimin