blank
Narasumber dan peserta foto bersama setelah kegiatan Upgrading Community ''Workshop Creative Content Craetor' di Gedung Q.11 pada Sabtu (24/9/2022). (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himalika) Universitas Semarang (USM) menggelar Upgrading Community ”Workshop Creative Content Craetor” secara luring di Gedung Q.11 pada Sabtu (24/09/2022).

Ketua Himalika USM, Aldoriono mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelatihan dari Himalika terhadap dua komunitas baru di Prodi Ilkom USM yaitu komunitas podcast dan konten kreator.
Kegiatan ini sebagai pijakan awal dan pelatihan dasar untuk kedua komunitas tersebut berjalan sebagai media kreativitas mahasiswa Ilkom USM dalam mengembangkan bakatnya.
”Untuk rangkaian kegiatannya yaitu penyampaian materi dan praktik oleh para narasumber, untuk podcast sendiri menyusun script, dan content creator tampil secara audio visual, selain itu podcast juga melakukan kunjungan ke radio USM, selanjutnya pengumuman 3 karya terbaik dari peserta, lalu penyerahan plakat dan ditutup dengan foto bersama,” ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Suhariyanto S.Sos, M.I.Kom Kepala Radio USM Jaya dan Yofiendi Indah Indainanto S.Ikom, M.Ikom Dosen Prodi Ilkom USM.

Dalam pemaparan materinya Suhariyansto S.Sos, M.I.Kom menyampaikan mengenai cara menjadi seorang podcaster. ”Semua orang bisa asalkan ada niat atau kemauan.

Ada beberapa skill yang harus dimiliki seorang podcaster. Skill pertama untuk dikuasai oleh para podcaster adalah kreativitas, kemudian podcaster harus menghadirkan konten-konten unik untuk mengembangkan sebuah ide menjadi cerita yang menarik. Selanjutnya, seorang podcaster harus selalu mengikuti perkembangan tren.

”Skill lainnya yang wajib dikuasai untuk para podcaster adalah keahlian mengadakan wawancara. Berikutnya, manajemen waktu juga merupakan sebuah kemampuan yang diperlukan oleh podcaster,” ungkapnya.

Menurutnya, podcaster yang baik juga perlu belajar empati agar dapat memiliki hubungan yang baik dengan pendengar mereka. Skill terakhir untuk para podcaster adalah kemampuan storytelling. ”Tak hanya harus mahir berbicara, podcaster juga perlu mengetahui cara menyajikan cerita yang baik,” ujarnya

Pemateri kedua, Yofiendi Indah Indainanto S.Ikom, M.Ikom menjelaskan mengenai konten kreator atau bisa disebut orang yang menghasilkan berbagai karya melalui kontennya.

”Content creator merupakan sebutan bagi seseorang yang melahirkan berbagai materi konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Nah konten-konten yang dibuat oleh para content creator itu biasanya dimuat di platform digital, seperti YouTube, Instagram dan TikTok,” ungkapnya.

Muhaimin