blank
Hendrik Budi Lesmana, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM).

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Hendrik Budi Lesmana, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Khairun Ternate Provinsi Maluku Utara.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) adalah program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester dari satu pulau ke pulau lain.

Program ini adalah salah satu program MBKM yang berada di bawah naungan kemendikburistekdikti.

Hedrik mengatakan, program PMM 2 hanya dapat diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi dibawah naungan kemendikburistekdikti. Program PMM 2 juga hanya dapat diikuti oleh mahasiswa dari program sarjana (S1) yang berstatus aktif pada PDDikti.

”Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 semester. Keberangkatan pada tanggal 1 September dan kegiatan dilaksanakan sampai pertengahan Januari,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan mahasiswa pada program PMM 2  yaitu belajar kebhinekaan melalui Modul Nusantara, mata kuliah, dan aktivitas terkait sepanjang pertukaran di Universitas Khairun.

”Mengenai modul Nusantara sendiri mahasiswa nantinya akan diajak untuk mengetahui sejarah dan adat istiadat yang ada didaerah tersebut, berjumpa dengan tokoh inspiratif dan kemudian diajak juga untuk mengeksplor wisata yang ada. Kegiatan modul nusantara ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang luas tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaandan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan; kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial,” ungkapnya.

Selain itu, kata Hendrik, memberikan motivasi untuk para mahasiswa lain agar memanfaatkan masa studinya sebaik mungkin.

”Untuk para mahasiswa yang senang bersosialisasi dan bertemu dengan hal hal baru. Mari manfaatkan kegiatan ini untuk kemudian bisa berkolaborasi dan berkontribusi. Ayo gunakan peluangmu dan manfaatkan kesempatanmu!,” tandasnya.

Muhaimin