blank
Peserta lomba MAPSI-SD ke-24 tingkat Kabupaten Blora, dialog dengan Bupati, di aula SMP Negeri 1 Blora.  Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Pembukaan lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam Sekolah Dasar (MAPSI-SD) ke-24 tingkat Kabupaten Blora, Sabtu 24 September 2022 di Aula SMP Negeri 1 Blora.

Setidaknya ada 345 peserta lomba MAPSI dari berbagai sekolah dasar  se-Kabupaten Blora yang ikut berpartisipasi dalam lomba MAPSI-SD ini.

Ketua Panitia Lomba MAPSI-SD ke-24 tingkat Kabupaten Blora, Kusni menjelaskan bahwa setelah ini para juara akan mengikuti lomba MAPSI tingkat provinsi yang akan dilaksanakan nanti pada 4 November sampai 6 November 2022 di Donohudan Solo.

“Untuk itu kami mohon doa restu Bapak Bupati Blora beserta Bapak Ibu hadirin semua agar diberi kelancaran dalam pelaksanaan lomba MAPSI tahun ini,” harap Kusni.

Lebih lanjut Kusni mengatakan ada beberapa cabang yang dilombakan seperti Pengetahuan Pendidikan Agama Islam, antara lain lomba Pengetahuan PAI dan BTQ Pa dan Pi, lomba praktik shalat dan wudu, dan lomba azan, dan iqomah.

“Ada cabang lomba seni Islami, mencakup seni kaligrafi, seni khitobah, seni tilawah, seni hifdzil Qur’an, mocopat Islami, seni ketrampilan Komputer, dan seni musik rebana,” jelas Kusni.

Acara juga dihadiri oleh Bupati Blora, dan Koordinator Wilayah Bidang Kependidikan Kecamatan Se-Kabupaten Blora, Kepala Sekolah SMPN 1 Blora, Kepala sekolah Dasar Se-Korwil Bidik Kecamatan Blora serta Ketua KKG Kecamatan Se-Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP. M.Si membuka gelaran lomba MAPSI tingkat Kabupaten Blora. Bupati Blora menyambut baik kegiatan lomba MAPSI tingkat kabupaten ini untuk semakin memotivasi anak didik untuk berprestasi.

“Semoga penjaringan tingkat kabupaten ini dapat menumbuhkan motivasi untuk adik adik kita yang lainnya yang nantinya bisa mengharumkan nama sekolah, orang tua, maupun nama daerah. Semoga pelaksanaan MAPSI tahun ini bisa semakin baik dan berjalan dengan lancar,” jelas Bupati Blora ketika menyampaikan sambutannya.

Menurutnya, melalui kegiatan lomba MAPSI memiliki tujuan yang sangat baik dengan menjaring bakat dari siswa-siswi SD baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Blora yang nantinya dapat mewakili Kabupaten Blora di kancah provinsi.

Bisa Baca Tulis Al Qur’an

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blora  berkeinginan agar nantinya setelah lulus SD maupun SMP, anak didik yang beragama Islam di Kabupaten Blora bisa memiliki kemampuan baca tulis Al Quran.