blank
Pelari putri Odekta Elvina Naibaho, saat tampil di Borobudur Marathon 2021

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 47 pelari elite Nasional yang direkomendasikan PB PASI, telah terdaftar dan akan tampil pada lomba lari bergengsi Borobudur Marathon (Bormar) 2022. Jumlah itu kemungkinan akan bertambah, jelang pelaksanaan Bormar di Taman Lumbini, kawasan Candi Borobudur, Magelang, pada 12-13 November mendatang.

Menurut panitia Bormar, Lukminto Wibowo, saat ini sudah terdaftar 47 pelari yang lolos seleksi, dan akan bersaing di nomor Elite Race Borobodur Marathon 2022. Di antara pelari itu, terdapat nama Betmen Manurung dan Odekta Elvina Naibaho.

Betmen adalah pelari putra asal Pematang Siantar (Sumatera Utara), yang menjuarai Bormar tahun 2020. Sedangkan Odekta dari Kabupaten Dairi (Sumut), juga tercatat sebagai juara putri Bormar 2021.

BACA JUGA: Kegembiraan Messi, Penikmatan Messi

Odekta juga sukses mengharumkan nama Indonesia, usai menyabet medali emas SEA Games 2021 di Vietnam, yang digelar Mei 2022 lalu.

”Kami menjamin ajang Borobudur Marathon tahun ini masih kompetitif. Karena ikutnya para pelari elite Nasional, seperti Betmen dan Odekta,” kata Lukminto, dalam keterangannya tertulisnya, Sabtu (24/9/2022).

Ditambahkan Luki, panggilan akrabnya, pada penyelenggaraan Bormar 2022 kali ini, pihaknya melaksanakan inovasi, agar even tahunan ini tetap memiliki greget.

blank
Pelari putra Betmen Manurung, saat menjuarai Borobudur Marathon 2020

BACA JUGA: Ribuan Offroader Pemotor Trail Ikut Pacitan Adventure Tourism

Selain mengampanyekan melalui Friendship Run, di empat kota (Semarang, Jakarta, Medan, dan Makassar), pihaknya menyiapkan agenda Young Talent, sebagai ikhtiar pembibitan pelari muda berbakat, untuk mencetak pelari maraton di Indonesia.

”Usia peserta di bawah 20 tahun dengan mata lomba 10 km. Ini sebagai komitmen kami, bahwa Bormar selain untuk kepentingan prestasi, juga bertujuan mencari atlet-atlet baru Nasional,” tambahnya.

Diungkapkan juga, Bormar dan Young Talent digelar pada 12 November, sedangkan keesokan harinya diadakan Bank Jateng Tilik Candi, untuk nomor half marathon, yang diikuti 5.000 peserta.

BACA JUGA: Petugas Amankan Pelaku Pelemparan Paket Obat ke dalam Rutan

Kelly Tandiono, aktris, atlet triathlon sekaligus brand ambassador Bormar 2022, akan ikut bersaing bersama ribuan pelari. Dia menambahkan, Bormar yang tahun ini sudah bersifat offline, sebagai sarana mengobati kerinduan pelari di Tanah Air.

Sebetulnya, harapannya bisa mencapai angka 10 ribu runners. Namun guna mencegah segala kemungkinan karena pandemi covid-19 belum berakhir, pihaknya kemudian hanya membatasi 5.000 peserta, dengan sistem ballot (pemilihan peserta dengan sistem acak).

”Maka guna mewujudkan harapan itu, kami adakan kegiatan Friendship Run di empat kota, yang diikuti 1.000 orang plus pelari VIP, jadi jatuhnya bisa 10 ribu pelari,” pungkasnya.

Riyan