blank
Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polisi masih mengembangkan pemeriksaan saksi terkait kebakaran lahan yang diduga menjadi penyebab kecelakaan beruntun di Km 253 ruas tol Pejagan-Pemalang pada 18 September 2022 lalu.

Sejauh ini 18 orang telah dimintai keterangan oleh tim penyidik dari Satreskrim Polres Brebes.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, para saksi yang diperiksa tersebut terdiri dari 14 warga dan 4 pegawai dari PT. PPTR selaku pengelola ruas jalan Pejagan-Pemalang.

“Dari PPTR yang diperiksa adalah manajer operasional, manajer teknik serta dua petugas patroli dari perusahaan tersebut. Sementara manajer pemeliharaan PT. PPTR sampai saat ini belum memenuhi panggilan penyidik,” ungkap Iqbal, Jumat (23/9/2022).

Selain itu, penyidik juga akan memeriksa satu orang saksi dari PT Kencana Biru selaku pihak ke 3 pengelola maintenance di jalan tol. “Sudah dilakukan pemanggilan penyidik beberapa waktu lalu, namun menyatakan baru bisa hadir sore nanti,” kata Iqbal.

“Jika hadir, berarti total 19 yang diperiksa penyidik terkait kebakaran ilalangnya,” tambahnya

Dijelaskan, dalam menangani perkara kecelakaan di Km 253 yang merenggut satu korban jiwa itu, polisi melaksanakan dua penyelidikan yang dilakukan Satreskrim dan Satlantas Polres Brebes.

“Untuk kasus kecelakaan ditangani Satlantas, dan kasus kebakaran ilalangnya ditangani Satreskrim. Selain itu kita di back up tim laboratorium forensik untuk mendukung pembuktian secara scientific,” terangnya.

Penyidik Satreskrim Polres Brebes, kata Iqbal, sejauh ini belum menetapkan tersangka terkait kasus kebakaran ilalang

“Masih dilakukan pendalaman termasuk pemeriksaan saksi-saksi dan melakukan gelar perkara. Belum ada tersangka yang ditetapkan,” pungkasnya.

Ning Suparningsih